Bekraf Akan Ekspor Kopi dan Kerupuk ke Tiongkok

Perjanjian kerja sama antara Badan Pengawas Batam dengan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia dalam pertemuan "Connecting Asia Pacific-Better Business Opportunities & Memorandum of understanding between BP Batam with Bekraf" di Jakarta, Kamis, 6 September 2018


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Untuk meningkatkan ekspor dari Indonesia dan menangkap prospek Industri kreatif di Batam, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Badan Pengawas (BP) Batam menandatangani perjanjian (MoU) untuk meningkatkan ekspor ke Tiongkok.

Triawan Munaf, Kepala Bekraf mengatakan, Darmin Nasution selaku Menteri Koordinator Ekonomi Indonesia dan Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informasi telah dua kali bertemu dengan Jack Ma, yang beberapa waktu dekat ini sempat datang ke Indonesia.

"Tentunya beliau sudah tidak hanya ingin berjualan di Indonesia, ingin membuka pasar mereka pada edisi produk melalui Alibaba platform," kata Triawan dalam pertemuan di Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Triawan mengatakan, bahwa Jack Ma menantang Indonesia untuk mencatat transaksi besar dalam sehari, yang akan dilaksanakan pada 11 November (singles day atau hari belanja nasional yang berawal dari Tiongkok dan diikuti negara-negara lain, termasuk Indonesia). "Dalam satu hari itu bisa diadakan transaksi yang jumlahnya mungkin sekian dari APBN milik kita," katanya.

Maka dari itu, Indonesia akan mengirimkan beberapa produk untuk diekspor ke Tiongkok dan diperjualbelikan di sana. Produk tersebut berupa kerupuk dan kopi yang diproduksi di Indonesia. "Akhirnya kita impor beberapa macam produk ke Tiongkok, yaitu kerupuk dari Sidoarjo, dia sudah siap 1 juta kerupuk untuk diperjualbelikan di Tiongkok. Lalu ada Kopi Kapal Api," katanya.

"Kita maunya jual sesuatu yang langsung bisa dinikmati oleh konsumen," tambah Triawan.

Dengan adanya penandatanganan kerja sama dengan BP Batam, Triawan mengharapkan bisa menjadi langkah awal untuk Indonesia mengekspor produk-produknya ke luar negeri, salah satunya Tiongkok. "Ini yang harus kita sikapi, mudah-mudahan perjanjian kerja sama dengan BP Batam ini menjadi awal karena Batam mungkin lebih dekat secara logistik, bisa konsentrasikan untuk menyuplai logistik ke Tiongkok," jelasnya. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Bekraf Akan Ekspor Kopi dan Kerupuk ke Tiongkok. Please share...!

Back To Top