Cetak Wirausaha, LPDB Kerja Sama Universitas Prasetiya Mulya

Penandatanganan MoU yang disaksikan Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Nuryanto itu dilakukan sebelum acara “Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Bisnis Kewirausahaan dan Bisnis Start Up” dimulai


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Universitas Prasetiya Mulya, BSD City, Tangerang, Banten bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) dalam rangka mencetak wirausaha.

Kerja sama itu tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Djisman S. Simanjuntak dan Direktur Utama LPDB, Braman Setyo, di kampus itu, Selasa (25/9/2018). Penandatanganan MoU yang disaksikan Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Nuryanto itu dilakukan sebelum acara “Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Bisnis Kewirausahaan dan Bisnis Start Up” dimulai.

Braman mengatakan, kerja sama ini berupa LPDB menyalurkan bantuan dana bergulir untuk mahasiswa tingkat akhir di kampus tersebut serta untuk alumni kampus itu yang bersedia menjadi wirausaha. “Kita menyalurkan bantuan sebesar Rp 50 juta – Rp 250 juta,” kata dia.

Menurutnya, dalam menyalurkan bantuan ini pihaknya akan menyediakan perusahaan atau lembaga penjamin. Bantuan diberikan harus dengan lembaga penjamin. Sebab, kalau tidak bisa bayar ya lembaga penjamin yang tanggung. "Siapa yang mau meminjam uang di LPDB dengan membawa perusahaan penjamin sendiri yang berbadan hukum seperti Perseroan Terbatas, Koperasi dan sebagainya, pasti dengan senang LPDB menerima. Kalau tidak mempunyai perusahaan penjamin kami siapkan,” kata dia.

Ia mengatakan, tahun 2018 ini masih tersedia dana di LPDB sebesar Rp 100 miliar untuk digulirkan. “Saya berharap, Universitas Prasetiya Mulya bisa pakai 10 – 25 miliar dari dana yang tersedia,” kata dia.

Menurut Braman, kerja sama dengan Universitas Prasetiya Mulya merupakan pilot project kerja sama LPDB dengan perguruan tinggi. “Kita mulai dari sini, sebab lulusan dari perguruan tinggi ini lumayan banyak menjadi wirausaha. Sampai saat ini sudah 7% dari alumninya menjadi wirausaha,” kata Braman.

Setelah Universitas Prasetiya Mulya, pihaknya akan bekerja sama dengan Universitas Brawijaya Malang, Institut Teknologi Bandung, dan sebagainya. Menurut Braman, pihaknya selain menyalurkan dana bergulir ke perguruan tinggi juga mensosialisasikan peran dan fungsi LPDB. “Masih sangat banyak mahasiswa tidak tahu apa itu LPDB,” kata dia. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Cetak Wirausaha, LPDB Kerja Sama Universitas Prasetiya Mulya. Please share...!

Back To Top