Dukung Program Vokasi, Japfa Gandeng Polbangtan

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk bekerja sama dengan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) mendorong penguatan program vokasional, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman, Selasa (18/9/2018)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk bekerja sama dengan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) mendorong penguatan program vokasi, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman, Selasa (18/9/2018). Hal ini merupakan bentuk dukungan Japfa terhadap pengembangan sumber daya pendidikan.

“Transformasi Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STTP) menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian bertujuan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pertanian melalui pendidikan, terutama mencetak generasi mda pertanian yang inovatif,” ujar Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Amran berharap inovasi dan teknologi dapat dikembangkan di politeknik ini. Sebab, tanpa teknologi, tidak mungkin pertanian Indonesia dapat bersaing.

Japfa mendorong penguatan program vokasi guna membentuk individu untuk siap berada di lapangan pekerjaan. Pendidikan vokasi dapat meningkatkan kualitas penelitian, mengingat bahwa civitas akademika akan terjun langsung dalam melihat praktik pengolahan pakan.

Penandatanganan yang digelar Polbangtan dengan beberapa industri agribisnis lainnya, juga merupakan simbolisasi peluncuran enam dari 10 Polbangtan yang tersebar di Indonesia, yakni Medan, Gowa, Manokwari, Malang, Yogyakarta Magelang, dan Bogor. Peminat acara ini banyak, yakni 13.200 orang.

”Bukan kali pertama Japfa menjalin kerja sama dengan instansi pendidikan. Sejak 2017, Japfa telah membuka akses untuk pendidikan vokasi di empat lokasi yang menyasar pada pendidikan SMK,” tutur Rachmat Indrajaya, direktur Corporate Affairs Japfa.

Bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian, dia menuturkan, Japfa berpartisipasi dalam program vokasi dengan melibatkan unit bisnis pakan ternak di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Banten, dan Jawa Timur. Dengan tersebarnya unit di Indonesia, Japfa akan ikut mendukung mahasiswa dan dosen untuk mendapatkan akses dan kesempatan memiliki pengalaman kerja praktik sebelum terjun ke dunia industri.

Sampai saat ini, dia menuturkan, sekitar 30 SMK telah terpapar oleh program vokasi Japfa. Sebanyak 500 lebih siswa SMK telah mendapatkan kesempatan untuk turun langsung ke dalam praktik pengolahan pakan ternak Japfa. Mereka belajar mengenai industri pakan sesuai dengan kurikulum dan modul pembelajaran yang telah diselaraskan. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Dukung Program Vokasi, Japfa Gandeng Polbangtan. Please share...!

Back To Top