Tim FH UNAIR Kembali Raih 2 Prestasi dalam Kompetisi Negosiasi Nasional

Tim FH UNAIR kembali raih 2 prestasi dalam Kompetisi Negosiasi Nasional


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Tim Fakultas Hukum (FH) Universitas Airlangga (UNAIR) kembai meraih prestasi di ajang tingkat nasional. Kali ini, prestasi itu diraih dalam The 3rd International Negotiation Competition (INTENTION) yang diselenggarakan di FH Universitas Brawijaya (UB) pada Jum’at-Sabtu (21-22 September) lalu.

Dua kategori berhasil diraih tim FH UNAIR. Yaitu, juara I The 3rd INTENTION yang diwakili oleh Thesalonica Shinta dan Alma Putri Dheafira, dan kategori Best Negotiator yang diraih oleh Thesalonica. Keduanya adalah mahasiswa FH angkatan 2017.

Tim FH UNAIR melangkah ke babak final setelah mengalahkan 3 tim di babak preliminary, dan 1 tim di babak semifinal. Dalam kompetisi ini, masing-masing tim berperan mewakili negaranya untuk bernegosiasi dengan negara lain terhadap permasalahan internasional tertentu.

Masing-masing negara harus mampu mencapai poin kesepakatan dalam bernegosiasi. Beberapa sengketa internasional yang diangkat adalah kasus palm oil yang melibatkan Indonesia dengan Uni Eropa, montara case yang melibatkan Indonesia dan Australia, dan bebereapa kasus internasional terkini.

INTENTION sendiri merupakan kompetisi negosiasi internasional yang merupakan salah satu cara dalam menyelesaikan sengketa internasional. Negosiasi sendiri merupakan forum yang sering dipiliih dalam menyelesaikan sebuah permasalahan atau sengketa intenasional. INTENTION tahun ini merupakan kompetisi negosiasi tahunan yang diinisiasi oleh International Law Student Association (ILSA) FH UNAIR dan sudah memasuki tahun ketiga.
Kompetisi negosiasi internasional ini diikuti oleh 10 universitas di Indonesia. Di antaranya, UNAIR, UB, Universitas Islam Indonesia, Universitas Islam Riau, Universitas Surabaya, dan beberapa universitas lain. Kompetisi ini tidak hanya diikuti mahasiswa fakultas hukum saja, melainkan jurusan lain yaitu hubungan internasional.

Pada acara penutupan dan pemberian award, ketua juri Dr. (HC) Triyono Wibowo, diplomat senior RI, alumni FH UNAIR, dan juga Wakil Menteri Luar Negeri RI periode 2008-2011, memberikan apresiasi yang tinggi kepada para pemenang dan peserta INTENTION. Dr. Triyono yang mempunyai pengalaman tentang praktek diplomasi internasional menyampaikan bahwa kompetisi ini memperlihatkan bibit muda yang mempunyai kemampuan bernegosiasi. Ia berharap, kompetisi ini akan menjadi ajang mengasah kemampuan bernegosiasi para mahasiswa. (dri)
Labels: Pendidikan

Thanks for reading Tim FH UNAIR Kembali Raih 2 Prestasi dalam Kompetisi Negosiasi Nasional. Please share...!

Back To Top