Bulan Peduli Kanker Payudara, Ratusan Penyintas Jalan Santai di CFD

Penyintas kanker payudara mengikuti fun walk untuk menperingati bulan peduli kanker payudara internasional di kawasan Car Free Day, Jakarta, Minggu (7/10/2018)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Ratusan penyintas kanker payudara mengikuti jalan santai di area Car Free Day (CFD) sepanjang Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (7/10/2018) pagi. Kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) ini dalam rangka memperingati Bulan Peduli Kanker Payudara Internasional atau Breast Cancer Awareness Month tahun 2018. Para penyintas kanker payudara ini berjalan sambil memeluk boneka beruang pink sebagai simbol kepedulian dan simpati pada para pejuang kanker payudara di Indonesia.

Ketua Umum YPKI, Linda Agum Gumelar mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengajak seluruh masyarakat untuk melawan penyakit kanker payudara , dan tidak menyerah untuk terus memberikan dukungan kepada para penyinras. Juga meningkatkan kesadaran masyarakat utamanya kaum perempuan tentang bahaya kanker payudara.

"Melalui kegiatan yang diikuti lebih dari 200 penyintas kanker payudara ini kita harapkan memberikan kesadaran kepada masyarakat khususnya kaum wanita untuk peduli terhadap dirinya dengan lakukan deteksi dini kanker payudara," kata Linda.

Dalam kesempatan ini, Linda yang juga adalah penyintas kanker payudara mengimbau kaum wanita untuk melakukan deteksi dini kanker payudara. Jangan menunda pemeriksaan ke dokter jika merasakan kejanggalan di payudara atau merasakan sakit.

Salah satu cara deteksi dini yang paling mudah, tanpa biaya, dan bisa dilakukan sendiri oleh kaum wanita, adalah pemeriksaan payudara sendiri atau dikenal dengan istilah sadari. Sadari, kata Linda, dilakukan dengan menggunakan tangan dan penglihatan untuk memeriksa apakah ada perubahan fisik payudara. Proses ini dilakukan agar semua perubahan yang mengarah pada kondisi yang lebih serius dapat segera ditangani.

"Jika merasa ada yang aneh atau janggal pada payudara, jangan ditunda-tunda dengan alasan apapun, segeralah periksa ke dokter," kata Linda yang juga pernah menjabat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di era Kabinet Indonesia Bersatu.

Masih dalam rangkaian peringatan Bulan Peduli Kanker Payudara Internasional ini, lanjut Linda, sepanjang bulan Oktober ini YPKI menggelar berbagai kegiatan untuk memupuk kesadaran kaum perempuan.

Selain jalan santai, YKPI memberikan pendampingan kepada pasien kanker payudara di rumah sakit. Menyosialisasikan deteksi dini kanker payudara, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan mamografi di puskesmas-puskesmas di DKI Jakarta. YPKI juga memberikan pelayanan bagi penderita kanker payudara yang kurang mampu dan tengah berobat di RS Dharmais untuk tinggal sementara di rumah singgah YKPI di wilayah Slipi, Jakarta, selama menjalani pengobatan.

"Tidak seharusnya para penjuang kanker tidak menghadapi kondisinya seorang diri. Mari bersama-sama kita menyebarkan semangat berjuang," kata Linda. (ym)
Labels: Kesehatan

Thanks for reading Bulan Peduli Kanker Payudara, Ratusan Penyintas Jalan Santai di CFD. Please share...!

Back To Top