Cuci Tangan Pakai Sabun Berdampak Besar untuk Kesehatan

Unilever Indonesia kembali memperingati Global Handwashing Day (GHD) melalui gerakan "Gabung Aksi Indonesia Merdeka dari Kuman" yang mengajak sebanyak mungkin masyarakat Indonesia untuk mengedepankan kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan kegiatan sederhana yang dilakukan sehari-hari dalam menjaga kebersihan. Meski demikian, ternyata CTPS berdampak besar untuk kesehatan.

Kasubdit Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan (Kemkes), drg Wara Pertiwi mengatakan, CTPS adalah kebiasaan yang mampu secara efektif memutus mata rantai penyebaran infeksi yang disebabkan oleh kuman.

"Bahkan, CPTS terbukti mampu menekan angka kematian yang disebabkan oleh bakteri secara signiflkan," ungkap dia di sela peringatan Global Handwashing Day 2018 di Jakarta, Senin (15/10/2018).

Ketua Umum Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), dr Kuntjoro AP, menambahkan, CTPS di rumah sakit sangatlah penting, bukan hanya dilakukan oleh para tenaga medis, tapi juga pasien, dan masyarakat yang berkunjung. "Sebab, salah satu penyebaran infeksi nosokomial adalah melalui tangan. Infeksi ini bisa membuat penyakit bertambah parah," jelasnya.

Head of Marketing Skin Cleansing dan Baby Care PT Unilever Indonesia Tbk, Arya Bahupringga mengatakan, pihaknya kembali memperingati Global Handwashing Day (GHD) melalui gerakan "Gabung Aksi Indonesia Merdeka dari Kuman" yang mengajak sebanyak mungkin masyarakat Indonesia untuk mengedepankan kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sebagai tindakan nyata dalam membebaskan diri dari kuman penyebab infeksi.

"Hal ini merupakan bagian dari komitmen Lifebuoy untuk menjadi mitra pemerintah dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya di pilar ketiga sebagai syarat utama pembangunan yang berkelanjutan," paparnya.

Seperti diketahui, SDGs adalah gerakan global yang dicanangkan oleh United Nations Development Programme untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dunia melalui 17 pilar utama. SDGs menjadi acuan bagi seluruh anggota PBB, termasuk Indonesia, agar pembangunan di tingkat nasional mampu berjalan selaras dengan peningkatan kualitas hidup manusia dari satu generasi ke generasi berikutnya. "Salah satu pilar terpenting dari SDGs adalah pilar ketiga, yaitu 'Kesehatan dan Kesejahteraan' karena akan berdampak langsung pada kualitas sumber daya manusia sebagai pelaku pembangunan," tutupnya. (ym)
Labels: Kesehatan

Thanks for reading Cuci Tangan Pakai Sabun Berdampak Besar untuk Kesehatan. Please share...!

Back To Top