Kadin Luncurkan Gerakan Ekspor Nasional

Ketua KADIN, Rosan P Roeslani memberi sambutan dalam acara Gala Dinner, Awarding Night dan Launching Buku Derap Langkah 50 Tahun KADIN DKI Jakarta di Jakarta, 5 Desember 2017


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Sejalan dengan program pemerintah untuk mendorong ekspor nasional, Kadin meluncurkan Gerakan Ekspor Nasional (GEN).

Ketua Umum Kadin, Rosan Roeslani mengatakan, GEN merupakan sebuah terobosan baru yang bertujuan untuk meningkatkan ekspor nasional sekaligus membuka kesempatan kepada generasi muda untuk menjadi eksportir. Melalui gerakan ini, diharapkan dapat melahirkan 100.000 eksportir baru hingga tahun 2030.

"Kami mendukung penuh pemerintah dalam upaya mendorong ekspor dan Kadin berharap bisa melahirkan eksportir muda sehingga ada diversifikasi produk atau pasar barang ekspor," ujar Rosan di Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Selain diversifikasi produk ekspor, pengembangan pasar ekspor, peningkatan harga ekspor dan pengembangan ekosistem ekspor menjadi empat pilar strategi agar ekspor nasional semakin bersinar. Dalam penyelenggaraan TEI 2018, Kadin juga berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan mengajak mitra bisnis Indonesia untuk memanfaatkan kesempatan selama TEI dan menggali peluang kerjasama bisnis dengan pihak luar. Kadin mengadakan bisnis forum, Business to Business, Matchmaking dengan delegasi negara lainnya dan beberapa kamar dagang negara lain.

Selama TEI, sedikitnya ada 19 negara yang akan melakukan pertemuan bilateral dengan Kadin yaitu Afrika Selatan, Bahrain, Pakistan, Aljazair, Bosnia, Kamerun, Papua New Guinea, Irak, Syiria, Kuwait, Afganistan, Kolombia, Malaysia, Oman, Turki, Bulgaria, Krosia, Rumania dan Rusia. Organisasi dari negara Amerika Selatan, Mercosur juga dijadwalkan datang. Selain melakukan pertemuan bilateral, Kadin Indonesia juga melakukan Mou dengan negara negara sahabat antara lain Sarawak Business Federation, Algerian Chamber of Commerce dan Union Chamber and Commodity Exchange Turkey.

Pihaknya berharap, dengan kerja sama yang dijajaki bisa membuka akses yang lebih mudah dan tujuan GEN juga bisa dicapai. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Kadin Luncurkan Gerakan Ekspor Nasional. Please share...!

Back To Top