LINE Gelar Final Kompetisi Chatbot, Bawa Pemenang Utama ke LINE BOOT Awards 2018 di Jepang

Kompetisi chatbot yang digawangi oleh tim Product and Engineering LINE Indonesia di mana para pengembang berkualitas di Tanah Air ditantang untuk berkompetisi menghasilkan chatbot terbaik


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- LINE Indonesia kembali menggelar ajang kompetisi digital terbesar miliknya, LINE CREATIVATE, yang mengusung tema ‘BANGGA INDONESIA’ dengan menyajikan sejumlah kompetisi. Salah satu kompetisi yang kembali digelar tahun ini adalah kompetisi chatbot yang digawangi oleh tim Product and Engineering LINE Indonesia di mana para pengembang berkualitas di Tanah Air ditantang untuk berkompetisi menghasilkan chatbot terbaik.

Kompetisi chatbot pada ajang ini menghadirkan 5 (lima) kategori, yang terdiri atas kategori Hiburan (Fun), Produktivitas (Productivity), Wawasan (Knowledge), Pelajar (Student), dan Prototipe (Prototype). Putaran final kompetisi chatbot pun telah digelar pada 20 Oktober 2018 lalu di kantor LINE Indonesia dan telah memilih sejumlah pemenang, termasuk pemenang utama yang akan diberangkatkan ke LINE BOOT Awards 2018 untuk mewakili Indonesia.

Kompetisi chatbot di LINE Creativate 2018 merupakan ajang dukungan serta apresiasi untuk para kreator muda berbakat Indonesia agar bisa menampilkan karyanya dan mendekatkan mereka dengan target pasar yang lebih luas,” kata Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia.

“Final kompetisi chatbot yang telah digelar minggu lalu pun membuktikan jika para pengembang lokal di Indonesia memiliki potensi dan bakat di industri ini untuk bersama-sama memberikan kontribusi yang lebih baik untuk masyarakat di sekitarnya,” lanjutnya.

Para juri yang terdiri dari SuAhn Lee (CTO LINE Indonesia), Shinichiro Isago (Global Developer Relations Lead LINE Corporation), Narenda Wicaksono (CEO Dicoding), dan Menhariq Noor (Kepala Sub Direktorat Perancangan TIK BEKRAF) telah memilih masing-masing 3 (tiga) pemenang dari 5 (lima) kategori sehingga secara keseluruhan terdapat 15 (lima belas) pemenang untuk kompetisi ini.

Adapun para pemenang kompetisi chatbot tahun ini adalah:
  • Dari kategori hiburan:
  1. Pemenang pertama: Ica Ica (@icaica_bot)
  2. Pemenang kedua: Weesata (@kdn3851k)
  3. Pemenang ketiga: Bung Kata (@bungkata)
  • Dari kategori wawasan:
  1. Pemenang pertama: Gifood (@ste6242k)
  2. Pemenang kedua: Musleem (@ybq5637l)
  3. Pemenang ketiga: Si Beni (@ocm7943y)
  • Dari kategori produktivitas:
  1. Pemenang pertama: Sevy (@sevybot)
  2. Pemenang kedua: Temuan (@temuan)
  3. Pemenang ketiga: Katsir (@gts7264i)
  • Dari kategori pelajar:
  1. Pemenang pertama: Tel-U Bot (@qfk6231q)
  2. Pemenang kedua: Dikampus (@dikampus.id)
  3. Pemenang ketiga: Kompa Ball (@hpr7454e)
  • Dari kategori prototipe:
  1. Digimu
  2. Tix Bot
  3. Si Bayu
Para juri juga sepakat untuk memilih Ica Ica dari kategori hiburan sebagai pemenang utama yang akan diberangkatkan ke LINE BOOT Awards 2018 mewakili Indonesia. Ica Ica sendiri merupakan chatbot yang bertujuan untuk menghibur serta menghilangkan kebosanan pengguna dengan tujuan untuk mencari teman atau jodoh. Selain fitur Cari Jodoh, chatbot ini juga memiliki sejumlah fitur menarik lainnya, seperti Family 100, Cari Kata, Tebak Kata, Adu Penalti, Sambung Kata, dan Tebak Lagu. Hingga saat ini Ica Ica telah digunakan oleh lebih dari 1,2 juta pengguna.

Tidak hanya itu, Ica Ica juga menyediakan fitur leaderboard sehingga mendorong penggunanya untuk berkompetisi menjadi yang terbaik pada fitur permainan yang ada di dalam chatbot ini. Hal yang mengejutkan dari Ica Ica adalah cara monetisasi chatbot dengan menawarkan iklan serta fitur-fitur premium di dalamnya. Adapun pemasukan Ica Ica kini telah melebihi biaya operasionalnya.

Sementara itu, LINE BOOT Awards 2018 merupakan kompetisi bagi para pengembang software di seluruh dunia yang bertujuan untuk menghasilkan serangkaian layanan komunikasi baru dalam bentuk chatbot yang dapat berjalan di atas platform LINE menggunakan open platform LINE Messaging API (https://developers.line.me/en/docs/messaging-api/overview/). Ajang ini mengundang para pengembang software dari berbagai macam afiliasi, seperti perusahaan, kelompok, maupun individu untuk memperebutkan hadiah utama sebesar 10 juta Yen.

Sejalan dengan misi yang diembannya, “Closing the Distance”, LINE akan selalu berupaya untuk mendekatkan jarak antara manusia dengan berbagai layanan dan informasi. Salah satunya adalah melalui ajang kompetisi chatbot yang dapat memangkas jarak antara para pengembang lokal dengan para pengguna LINE dengan memberikan ruang bagi para pengembang agar mereka bisa terus mengembangkan potensi dan bakat yang dimilikinya hingga menjadi lebih baik lagi. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading LINE Gelar Final Kompetisi Chatbot, Bawa Pemenang Utama ke LINE BOOT Awards 2018 di Jepang. Please share...!

Back To Top