Pentingnya Cahaya Berkualitas untuk Kesehatan Mata

Peluncuran lampu Philips MyCare LED di Jakarta, Selasa (30/10/2018)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Cahaya yang berkualitas ternyata sangat mempengaruhi kesehatan mata dan mendukung kegiatan sehari-hari yang membutuhkan visual. Sebab, apabila cahaya yang didapatkan kurang atau bahkan silau akan menimbulkan gangguan pengelihatan.

Mewakili Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami), Dr Rina La Distia Nora SpMm PhD, mengatakan, mata adalah organ sensoris yang paling penting. Sebab, 80 persen informasi berasal dari pengeliatan.

"Namun, sayangnya banyak orang yang masih rendah pengetahuan dalam perawatan mata sehingga berisiko mengalami gangguan pengelihatan. Padahal, salah satu faktor penting yang dapat mendukung perawatan mata adalah pencahayaan berkualitas tinggi. Gangguan pengelihatan yang banyak dialami adalah mata lelah atau asthenopia," kata dr Rina di sela acara peluncuran lampu Philips MyCare LED, di Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Rina melanjutkan, masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya melakukan perawatan mata. Diantaranya adalah dengan melakukan pencahayaan yang merata. Ditambah lagi, pemeriksaan mata secara berkala untuk mengantisipasi penglihatan yang kurang menjadi bertambah parah. "Salah satu faktor penting yang dapat mendukung perawatan mata adalah pencahayaan berkualitas tinggi. Cahaya yang baik dibutuhkan untuk mendukung kegiatan yang membutuhkan visual, terutama bagi anak-anak," kata Rina.

Head of Integrated Communications Signify di Indonesia, Lea Indra, mengatakan, dalam survei online yang dilakukan pihaknya menunjukkan, orang dewasa tidak melihat perawatan mata sebagai prioritas teratas dibandingkan kebugaran dan pengurangan berat badan. Namun kalangan orang tua khawatir jika anak-anak mereka memerlukan kacamata di masa depan. "Kekhawatiran ini juga dikemukakan orang tua di Indonesia. Sebanyak 91 persen setuju bahwa mereka akan membatasi waktu anak-anak mereka di depan layar untuk mencegah rabun jauh," paparnya.

Lea menambahkan, tiga perempat dari orang tua akan menggunakan lampu, seperti Philips LED, jika mereka tahu hal itu akan membawa dampak positif pada anak-anak saat belajar di rumah. Sebanyak 83 persen kalangan orang tua di Indonesia setuju bahwa mereka akan mempertimbangkan membeli bohlam berkualitas jika hal itu membantu prestasi anak mereka di sekolah. "Philips MyCare LED dengan teknologi Interlaced Optics sekarang telah tersedia di Indonesia. Desainnya terinspirasi dari pola biji bunga matahari, sehingga membantu menyebarkan dan memantulkan cahaya," tutupnya. (ym)
Labels: Kesehatan

Thanks for reading Pentingnya Cahaya Berkualitas untuk Kesehatan Mata. Please share...!

Back To Top