Perlindungan Terhadap Lanjut Usia Perlu Ditingkatkan

Kementerian Sosial melalui Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut menyerahkan bantuan kepada Dinas Sosial Kota Bogor didampingi anggota Komisi VIII DPR, Diah Pitaloka, Jumat (12/10/2018)


BOGOR (IndonesiaTerkini.com)- Isu penuaan penduduk tidak hanya hangat dibicarakan di negara berkembang tetapi juga di negara maju. Peningkatan jumlah penduduk lansia tersebut memerlukan perhatian dan perlakuan khusus dalam pelaksanaan pembangunan.

Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kementerian Sosial (Kemsos), Andi Hanindito, mengatakan, untuk mempertajam arah dan sasaran pembangunan perlindungan dan pemberdayaan lansia diperlukan sebuah regulasi yang dapat menjadi dasar pijakan untuk melakukan intervensi.

"Keberadaan Undang-undang (UU) Nomor 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia saat ini dirasa perlu direvisi karena belum sepenuhnya mengakomodasi pemenuhan hak lanjut usia," kata Andi, dalam sosialisasi revisi UU Kesejahteraan Lanjut Usia, di Kota Bogor, Jumat (12/10/2018).

Dalam upaya revisi UU tersebut Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia telah dan akan melakukan beberapa langkah mulai dari menyusun naskah akademik, melakukan penyelarasan naskah akademik dengan kementerian/lembaga terkait hingga melakukan penyusunan draft RUU, dan penyempurnaan penyusunan draft RUU.

Andi menjelaskan, proses penuaan penduduk berkembang antara lain disebabkan oleh penurunan fertilitas, peningkatan usia harapan hidup, dan penurunan angka kematian yang mengubah struktur umur penduduk.

Mengutip data Survei Ekonomi Nasional (Susenas) 2014 jumlah lanjut usia di Indonesia mencapai 20,24 juta jiwa, setara dengan 8,03 persen dari seluruh penduduk Indonesia tahun 2014 (Statistik Penduduk Lansia Tahun 2014). Jumlah itu menunjukkan bahwa Indonesia termasuk negara yang akan memasuki era struktur populasi tua, karena jumlah penduduk berusia 60 tahun ke atas telah melebihi angka 7 persen.

Anggota Komisi VIII DPR, Diah Pitaloka yang hadir mengapresiasi langkah Kemsos untuk merevisi UU tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Ia melihat, bila mengacu UU kesejahteraan lanjut usia 1998 sudah tidak relevan dan kaku, khususnya terkait pelibatan pemerintah daerah terhadap kaum lansia. "Diharapkan revisi UU baru bisa melibatkan peran pemda dalam menyejahterakan kaum lansia. Sehingga terintergrasi mulai dari pusat hingga daerah," tambahnya. (pr)
Labels: Kesehatan

Thanks for reading Perlindungan Terhadap Lanjut Usia Perlu Ditingkatkan. Please share...!

Back To Top