Survei OECD: UMKM RI Paling Banyak Serap Tenaga Kerja

Survei OECD tunjukkan sektor UMKM serap paling banyak tenaga kerja di Indonesia


NUSA DUA, BALI (IndonesiaTerkini.com)- Survei Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) menunjukkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia paling banyak menyerap tenaga kerja.

Sekretaris Jenderal OECD Angel Gurria mengatakan, UMKM di Indonesia yang memiliki tenaga kerja kurang dari 20 orang mencakup sebesar 76,3 persen pada 2016 atau lebih tinggi dibandingkan negara OECD lainnya.

"Meskipun proses konsolidasi telah dilakukan, perbandingan data Sensus Ekonomi 2016 dan data OECD Structural and Demographic Business Statistic (SDBS) menunjukkan bahwa besaran UKM Indonesia masih terbilang kecil dalam skala internasional," katanya dalam rangkaian Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional-Bank Dunia (IMF-WB) 2018 di Nusa Dua, Bali, Rabu (10/10/2018).

Pada kesempatan itu diluncurkan pula OECD-Indonesia Policy Review on SME and Entrepreneurship Review 2018 yang dihadiri Menteri PPN/Kepala Bapenas Bambang Brodjonegoro dan Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring.

Meliadi Sembiring dalam sambutannya mengatakan rekomendasi dari OECD sangat bermanfaat bagi pemerintah Indonesia terutama dalam kaitannya dengan kredit usaha rakyat (KUR), meningkatkan ekspor produk UKM, dan kewirausahaan. "Beberapa poin penting rekomendasi OECD bagi pemerintah Indonesia sesuai hasil kajian kebijakan, antara lain menyusun database UKM Indonesia dengan menggunakan kriteria tenaga kerja sebagai basis identifikasi UKM agar data UKM dapat disandingkan dengan negara-negara lain khususnya negara anggota OECD," katanya.

OECD merupakan organisasi internasional dengan 30 negara yang menerima prinsip demokrasi perwakilan dan ekonomi pasar bebas. (one)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Survei OECD: UMKM RI Paling Banyak Serap Tenaga Kerja. Please share...!

Back To Top