Tingkatkan Inklusi Asuransi dan Ekspansi Pasar, FWD Life Buka Kantor Cabang Lombok

Peresmian Kantor Cabang Mataram, Lombok Nusa Tenggara Barat. Ki-ka, Bambang Antariksawan (Kepala Subbagian Pengawasan Bank, IKNB, dan Manajemen Internal, OJk NTB, Choo Sin Fook (presiden direktur FWD Life), M Saleh (staf ahli walikota Mataram bidang pemerintahan, hukum, dan politik), Hendra Than (director & chief agency officer FWD Life) 


MATARAM (IndonesiaTerkini.com)- PT FWD Life Indonesia (FWD Life) memiliki tekat untuk meningkatkan inklusi keuangan masyarakat dengan mengembangkan pasar di wilayah timur Indonesia. Langkah tersebut diwujudkan dengan membuka kantor cabang di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Disampaikan Presiden Direktur FWD Life Choo Sin Fook, pengembangan pasar di Lombok didasari masih rendahnya angka penetrasi berasuransi di masyarakat yang berada di bawah 3%. Potensi tersebut menjadi tantangan bagi FWD Life untuk mengembangkan produk-produk inovatif yang bisa diterima masyarakat. “Bertepatan dengan bulan inklusi keuangan yang jatuh pada bulan Oktober, kami bisa memperluas jangkauan bisnis, juga untuk meningkatkan inklusi keuangan di wilayah ini,” ujarnya di Mataram (27/10/2018).

Kantor cabang Mataram ini menjadi kantor cabang ke sebelas yang dimiliki FWD Life. Director & Chief Agency Officer FWD Life Hendra Thanwijaya menyebut, FWD Life memiliki dua keunggulan dibandingkan asuransi lainnya, pertama FWD Life memiliki desain polis yang 60% lebih sedikit dalam hal pengecualian (yang tertera dalam polis) daripada yang ada di industri. Kedua, dalam memberikan layanan, perusahaan memiliki FWD Max, aplikasi yang bisa memudahkan nasabah dalam memantau polisnya serta fitur-fitur menarik lainnya.

Di era digital seperti saat ini, kemudahan dan kecepatan dalam mengakses informasi jasa keuangan menjadi nilai lebih perusahaan-perusahaan yang ada di industri keuangan. Respons positif terhadap aplikasi FWD Max, tutur Hendra bisa dilihat dari banyaknya pengguna aplikasi tersebut yang mencapai lebih dari 50 ribu orang.

Sebelum pembukaan kantor cabang, bisnis di wilayah NTB dilayani kantor cabang Bali. Kendati belum setahun memasarkan di wilayah ini, dan belum menargetkan besaran premi yang diharapkan di NTB, potensi bisnis di wilayah ini terbilang prospektif. Hal ini bisa dilihat dari prestasi agen-agen yang aktif untuk membuka dan mengembangkan pasar.

Menurut Hendra, saat ini ada 141 agen di Mataram dan diharapkan bisa bertambah menjadi 300-an agen hingga akhir tahun. Dalam hitungan bulan, beberapa agen sudah menorehkan raihan prestasi antara lain ada tiga orang yang tercatat menjadi million dollar round table (MDRT), satu orang di antaranya meraih court of table (COT). Sekedar informasi MDRT merupakan organisasi berskala global yang diikuti berbagai profesi di bidang keuangan terutama agen asuransi, dengan kualifikasi minimal pendapatan premi di atas Rp 500 juta setahun. Sementara COT memiliki  dua kali lipat dari capaian MDRT. Di luar standar global tersebut, cabang Mataram pun memiliki 8 elite agent dan 10 qualified star club, standar yang ditetapkan secara internal.

M Saleh, staf ahli walikota Mataram bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, menyambut positif kehadiran FWD Life di NTB di tengah proses recovery pasca bencana gempa. “Pemkot Mataram mengapresiasi inisiatif FWD Life di tengah-tengah persaingan asuransi dan rendahnya penetrasi asuransi,” ujarnya. Diakuinya, untuk mengembangkan asuransi di Lombok membutuhkan perjuangan dan usaha yang tinggi.

Senada dengan M Saleh, Bambang Antariksawan, kepala Sub Bagian Pengawasan Bank, Industri Keuangan Non Bank, dan Manajemen Internal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), NTB, menyebut tantangan terbesar yang dihadapi masyarakat saat ini terkait literasi dan inklusi keuangan.

“Apa yang dilakukan FWD Life merupakan sebuah strategi untuk meningkatkan penetrasi. Dengan angka inklusi di kisaran 60%-an, masih terbuka untuk membidik peningkatan 30-40% lagi. OJK mengharapkan industri lebih dekat kepada masyarakat agar inklusi lebih meningkat,” tuturnya. Berdasarkan data OJK, di NTB terdapat 4 asuransi jiwa dan 5 asuransi umum dengan jumlah kantor cabang 16. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Tingkatkan Inklusi Asuransi dan Ekspansi Pasar, FWD Life Buka Kantor Cabang Lombok. Please share...!

Back To Top