8 Daerah Ditetapkan Jadi Geopark Nasional

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) saat menandatangani prasasti geopark nasional di Bogor Jumat 30 November 2018


BOGOR (IndonesiaTerkini.com)- Kementerian Pariwisata (Kempar) menetapkan delapan kabupaten di Indonesia sebagai kawasan geopark nasional. Acara yang dipusatkan di geopark Pongkor, Bogor itu ditandai dengan penyerahan sertifikat dan penandatanganan prasasti oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Jumat (30/11/2018). Delapan wilayah itu adalah geopark Bogor (Jabar), geopark Banyuwangi (Jatim), geopark Karangsambung-Karangbolong, Kebumen (Jateng), geopark Ngaraisianok-Maninjau (Sumbar), geopark Sawahlunto (Sumbar), geopark Ranah Minang Silokek, Sijunjung (Sumbar), geopark Natuna (Kepri) dan geopark Meratus (Kalsel).

"Dengan ditetapkan delapan daerah ini, maka status geopark nasional bertambah menjadi 15. Sementara geopark di Indonesia yang sudah berstatus global ada empat di antaranya Rinjani (NTB) hingga Ciletuh, Sukabumi (Jabar)," kata Menpar di sela-sela penandatanganan prasasti di Bogor.

Menpar mengatakan, selama ini status geopark nasional kurang diberdayakan oleh pemerintah daerah (pemda) untuk menciptakan nilai tambah ekonomi. Kelemahan kita tidak mengkuantifikasi geopark. Di luar negeri pendapatan dari geopark tinggi, sementara di Indonesia masih kurang. "Pada tahun 2017, sekitar 62 persen ekowisata di Tiongkok dikontribusikan dari geopark, sementara di Indonesia hanya 35 persen. Di kita geopark tidak memiliki target dan kriteria ekonomi, harusnya kepala daerah berinvestasi di geopark, atau menggandeng investor," kata Arief.

Bupati Bogor Nurhayati mengungkapkan Kabupaten Bogor mendapat kehormatan menjadi tuan rumah puncak acara penyerahan sertifikat status geopark nasional. "Kabupaten Bogor memiliki 40 kecamatan, dari total kecamatan itu, sebanyak 15 kecamatan berbatasan langsung dengan geopark Bogor," kata dia.

Nurhayati berharap, dengan kenaikan status geopark Bogor ke level nasional, diharapkan dapat menggerakkan ekonomi lokal. " Kita manfaatkan lingkungan alam dan konservarsi untuk meningkatkan geliat ekonomi masyarakat," kata dia.

Deputi Bidang Kemaritiman Sekertariat Kabinet (Sekab), Agustina Urbaningrum mengatakan penetapan status geopark nasional sebagai pijakan awal untuk melangkah menjadi geopark global Unesco. "Dampak perubahan suatu daerah setelah mendapatkan status geopark nasional di antaranya meningkatkan peran masyarakat di geopark sehingga menciptakan nilai ekonomi," ungkapnya.

Ketua Tim Penilai Geopark Nasional Yunus Kusumabrata menambahkan ada 12 tim ahli yang menilai status geopark nasional. Adapun penilaiannya berdasarkan lima kriteria yakni geologi bentang alam, struktur kelembagaan, pendidikan lingkungan, geowisata, dan pembangunan ekonomi regional berkelanjutan. "Masing-masing geopark akan direvalidasi pada 2022," katanya. (cmi)
Labels: Travel

Thanks for reading 8 Daerah Ditetapkan Jadi Geopark Nasional. Please share...!

Back To Top