Ciptakan Wirausaha di Lingkungan Akademik, UNUSA Gelar ICTE 2018

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) menggelar International Conference on Technopreneur and Education (ICTE) 2018, di Surabaya, Rabu (14/11/2018)

SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) menggelar International Conference on Technopreneur and Education (ICTE) 2018, di Surabaya, Rabu (14/11/2018). Konfrensi ini menghadirkan Vice President of Malaysia English Language Teaching Association, Aslam Khan bin Samash Khan, serta perwakilan Australia International Development, Andrew Kelly, dan mantan Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Prof Muchlas Samani.

Mantan Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang kini menjadi dosen Unusa, Prof Muchlas Samani mengatakan, untuk menjadikan seseorang menjadi "enterpreneur" tidak bisa diteorikan tapi bisa ditularkan dan dicoba sendiri.

"Enterpreneur tumbuh di lingkungan enterpreneur. Jika ingin menghasilkan maka pendidikan harus aplikatif, mencoba dan tidak diteorikan di kelas," ujarnya, di Surabaya, Rabu (14/11/2018).

Menurutnya, untuk menghasilkan enterpreneur tidak bisa menjadi miliknya program studi tunggal. Dicontohkannya, jika orang ingin menjadi pengusaha restoran, tidak perlu tahu banyak tentang masakan tapi perlu tahu bisnis dan manajemen karena harus mengelola orang. "Ini yang penting. Menciptakan seseorang yang memiliki ide untuk menyuruh para ahli berbuat sesuatu,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor Unusa Prof Achmad Jazidie menambahkan, enterpreneur merupakan bagian dari visi kampusnya. Dari proses pendidikan di Unusa salah satu nilai yang ditanamkan di peserta didik dan akademik adalah mengembangkan kewirausahaan. "Dalam bentuk kongkretnya kami mendorong mahasiswa berkesempatan untuk mendapat program hibah. Ada dana yang dikompetisikan yang bersifat bergulir untuk mahasiswa untuk merangsang mereka berwirausaha," tutupnya. (dri)
Labels: Pendidikan

Thanks for reading Ciptakan Wirausaha di Lingkungan Akademik, UNUSA Gelar ICTE 2018. Please share...!

Back To Top