Ketua KPU RI Berikan Orasi Ilmiah pada Dies Natalis UNAIR ke-64

Ketua Komisi Pemilihan Umum RI Arief Budiman memberikan orasi ilmiah dalam sidang terbuka Universitas Airlangga pada Dies Natalis ke-64, Sabtu (10/11/2018)


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Ketua Komisi Pemilihan Umum RI Arief Budiman memberikan orasi ilmiah dalam sidang terbuka Universitas Airlangga pada Dies Natalis ke-64. Dalam pidatonya, ia menyampaikan materi dengan judul “Indonesia Adil, Makmur, dan Beradab, Dimulai dari Mana?”. Sidang terbuka itu disampaikan pada Sabtu (10/11/2018) di Aula Garuda Mukti, Kantor Manajemen Kampus C UNAIR.

Arif Budiman dalam orasi ilmiahnya mengatakan, NKRI adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Namun, subur dan makmurnya Bumi Nusantara apakah menjadi anugerah bagi rakyat Indonesia? Dimulai dari mana untuk mewujudkannya? Dimulai dari politik.

"Dimanapun kita berada, politik adalah bagian tidak terpisahkan dari kehidupan. Karena politik berkalin erat dengan pencapaian tujuan. Setiap pribadi, entitas, hingga kelompok masyarakat, mempunyai tujuan bersama. Setiap negara pun mempunya tujuan. Pemilu adalah proses politik yang menyediakan jalan bagi warga negara untuk mencapai tujuan bersama: Indonesia Adil, Makmur, dan Beradab," ujarnya, Sabtu (10/11/2018).

Arief mengajak seluruh tamu undangan yang datang untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2019. Lebih dari 30 triliun digunakan oleh berbagai lembaga negara untuk menyukseskan, serta lebih dari 15 juta orang akan terlibat sebagai penuyenggara pada hari pelaksanaan pemilu 17 April 2019. Untuk itu, menjadi tugas dan tanggungjawab bersama untuk menciptakan pemilu yang transparan dan berintegritas untuk menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

“Penyelenggara pemilu tidak akan mampu mewujudkannya sendiri. Dibutuhkan peran dan dukungan segenap komponen bangsa untuk menciptakan kepercayaan publik dalam proses penyelenggaraan pemilu,” papar Arief. “Berawal dari pemilu yang transparan dan berintegritas akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas untuk mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan beradab,” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, Karir Arief Budiman di bidang pemerintahan dimulai ketika ia didapuk menjadi anggota KPU Jawa Timur pengganti antar waktu pada tahun 2004–2008 dan berlanjut pada periode berikutnya 2008–2013. Setelah menjadi anggota komisioner periode 2012–2017, pada periode berikutnya, Arif berhasil meniti puncak karirnya di KPU RI. Ia terpilih menjadi Ketua KPU RI periode 2017–2022.

Arief merupakan lulusan Program Studi S-1 Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. Semasa kuliah, ia pernah menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu HI. Pengalaman berorganisasinya dulu memberikan pengetahuan dan pengalaman yang tidak diajarkan di dalam kelas seperti cara bergaul, berkomunikasi, membangun tim kerja, dan mengatasi hal-hal dengan cara yang positif dan konstruktif. (dri)
Labels: Pendidikan

Thanks for reading Ketua KPU RI Berikan Orasi Ilmiah pada Dies Natalis UNAIR ke-64. Please share...!

Back To Top