Menghalau Stress dengan Basis Kecerdasan Tubuh

(Ki-Ka) Psikolog Elizabeth T Santosa, bersama Dr David Berceri dan Founder Tre Indonesia Hindra Gunawan, dalam kegiatan media workshop model pelatihan menghilangkan stres berbasis kecerdasan tubuh, di Jakarta, Jumat (2/11/2018)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Sebuah tinjauan ilmiah menyebutkan, stres mungkin sama bahayanya seperti perokok pasif. Selain itu, kondisi di tengah masyarakat banyak menghadirkan cerita yang membuat sebagian masyarakat merasa tegang dan dilanda stres.

Founder Tre Indonesia, Hindra Gunawan, mengatakan, pihaknya memperkenalkan metode baru guna mengatasi ketegangan dan stres akibat gangguan fisik dan psikis.

"Keluhan masyarakat Indonesia tentang kondisi stres belakangan memang makin tinggi. Kondisi ini dapat ditimbulkan oleh beberapa sebab seperti kondisi sosial yang kurang baik, bencana alam, korban pelecehan, kecelakaan dan yang lainnya," kata Hindra dalam Workshop Metode Pelepasan Ketegangan, Stres Akut dan Trauma Melalui Kecerdasan Tubuh (TRE) di Jakarta Design Center (JDC), Jumat (2/11/2018).

Menurutnya, kondisi di atas pastinya akan menyebabkan trauma, ketakutan, kemarahan, kesedihan, atau rasa bersalah. Akibatnya, trauma dan ketegangan yang berkepanjangan memunculkan kondisi yang mengancam seperti gangguan imsomnia, migrain, pegal, asam lambung, dan lain-lain.

"Kondisi emosi yang labil dapat menyebabkan depresi, paranoid yang menyebabkan perilaku yang berubah. Hal inilah yang mendorong kami untuk memperkenalkan metode teknik Tension dan Trauma Release Exercise untuk melepas ketegangan dan stres akut serta mengatasi rasa trauma melalui kecerdasan tubuh," ujarnya.

Hindra melanjutkan, metode pelepasan ketegangan, stres dan trauma melalui kecerdasan tubuh, bisa digunakan manusia dengan sekali belajar. Melalui metode ini, pihaknya meyakini akan mampu meredakan faktor-faktor penyebab stres. "Tubuh kita memiliki kecerdasan sendiri yang sudah ada sejak kita lahir. Hal itu yang kita pelajari dalam metode TRE yang terdiri dari enam gerakan peregangan tubuh dan otot secara alami," paparnya.

Melalui metode ini, kata Hindra, getaran yang dirasakan oleh tubh akan mampu dikontrol melalui Neurogenic Muscle Tremors (getaran otot yang dipicu dan dikontrol oleh sistem syaraf). "Dengan metode ini, otot tubuh kita akan meregang dan menimbulkan efek nyaman dalam tubuh dan mampu menghilangkan stres dalam diri," tandasnya. (ym)
Labels: Kesehatan

Thanks for reading Menghalau Stress dengan Basis Kecerdasan Tubuh. Please share...!

Back To Top