BSSN Siapkan Perilisan Buku Panduan Keamanan Siber

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi, dengan Rektor Swiss German University (SGU) Filianan Santoso menandatangani kerja sama "Peningkatan Kemampuan Deteksi dan Koordinasi Insiden Keamanan Siber Secara Nasional" dalam bentuk Honeynet Project dan workshop untuk mendalami ancaman malware di Indonesia, di kampus Swiss German University di Tangerang


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Dr Djoko Setiadi, mengatakan, pihaknya segera mengeluarkan buku panduan yang membantu masyarakat untuk menghindari serangan siber.

"Dalam waktu dekat, kami akan mengeluarkan buku panduan, yang bertujuan membantu masyarakat menghindari serangan siber," ujar Djoko dalam pembukaan acara Cyber Security Indonesia 2018 di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Djoko Setiadi mengungkapkan, keamanan siber negara harus dijaga dan dikembangkan oleh seluruh komponen bangsa. Data Global Cybersecurity Index yang dirilis oleh International Telecommunication Union (ITU) mencatatkan bahwa keamanan siber Indonesia masih berada di peringkat 70 dari 195 negara dengan skor 0,424. Untuk itu, dibutuhkan dukungan dari seluruh sektor untuk membangun keamanan siber di Indonesia. Melalui acara ini, Djoko meminta masyarakat dapat menggali ilmu dan berbagi informasi mengenai isu-isu terkini mengenai keamanan siber sesuai dengan tema yang dibahas.

Saat ini, lanjut dia, rancangan undang-undang perlindungan data pribadi dan rancangan undang-undang keamanan siber sedang dalam proses dan diharapkan dapat disahkan pada Tahun 2019. Rancangan undang-undang tersebut termasuk ke dalam Program Legislasi Nasional 2019.

Sementara itu, Portfolio Director Tarsus Indonesia, Cheah Wai Hong, menambahkan, masyarakat harus melihat aspek-aspek yang dapat meningkatkan ketahanan siber Indonesia. "Seluruh komponen bangsa harus ambil bagian dalam menghadapi serangan-serangan siber yang dapat mengancam keamanan negara. Oleh karena itu, kami berharap acara ini bisa menjadi tonggak yang mampu mendongkrak kekuatan pertahanan siber Indonesia," tegasnya. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading BSSN Siapkan Perilisan Buku Panduan Keamanan Siber. Please share...!

Back To Top