Citilink Kini Resmi Terbangkan Pesawat dengan Wifi

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo (keempat dari kiri) dan Direktur Utama Mahata M. Fitriansyah (ketiga dari kanan) bersama jajaran manajemen saat peluncuran pesawat Citilink yang dilengkapi wifi onboard


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Maskapai penerbangan bertarif rendah (low-cost carrier), Citilink Indonesia telah resmi meluncurkan layanan inflight connectivity berupa wifi onboard dalam penerbangan hingga ketinggian 35 ribu kaki. Satu pesawat Citilink pada 28 Desember 2018 telah beroperasi dengan menggunakan teknologi WiFi GX Aviation System yang dapat dinikmati penumpang secara gratis.

Dalam menyediakan fasilitas ini, Citilink bekerja sama dengan PT Mahata Aero Tekhnologi (Mahata) sebagai wireless solution provider dengan mengintegrasikan antara layanan satelit GX Aviation System yang merupakan produk dari Inmarsat Aviation dengan Lufthansa Technik sebagai penyedia perangkat keras, dan Lufthansa System sebagai penyedia perangkat lunak. GX Aviation adalah layanan konektivitas nirkabel global berkecepatan tinggi dikirimkan melalui jaringan High-Throughput Satellites (HTS).

Menurut Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo, berdasarkan hasil kesepakatan dengan Mahata dan GMF AeroAsia, di tahun 2019 akan ada 19 pesawat Citilink yang dilengkapi dengan wifi. “Kami rencanakan semua pesawat Citilink sebanyak 50 armada pesawat akan terpasang wifi. Pemasangan wifi akan disesuaikan dengan ground time pesawat,” ujar Juliandra di kantor Garuda Indonesia, Kebon Sirih, Jakarta, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (30/12/2018).

Kerja sama antara Citilink dan Mahata disambut baik oleh Garuda Indonesia untuk menyediakan wifi gratis kepada penumpangnya. “Sehingga Garuda Indonesia memutuskan untuk menggunakan model bisnis dan provider yang sama dalam menyediakan fasilitas wifi. Selain itu, seiring dengan kerja sama Citilink dan Sriwijaya Air, model bisnis ini nantinya akan diterapkan juga dalam maskapai Sriwijaya. Sehingga total pesawat Garuda Indonesia Group yang dilengkapi perangkat wifi akan berjumlah 203 unit pesawat,” tambah Juliandra.

Juliandra menjelaskan bahwa fasilitas free wili ini sejalan dengan target Citilink Indonesia untuk menjadi digital airline yang akan mempermudah konektivitas masyarakat. "Manajemen Citilink berkomitmen bahwa pada tahun 2019 adalah tahun digital yang mana tema kami adalah ‘go digital or die’. Semua touchpoint bagi penumpang Citilink mulai dari pre-flight, in-flight, dan post-flight akan dilengkapi sebanyak-banyaknya dengan model digital.”

Untuk diketahui, pada tahun 2018 target Citilink untuk menembus 15 juta penumpang sudah tercapai dengan tingkat keterisian penumpang (passenger load factor) rata-rata dalam satu tahun sebesar 85 persen. Sementara di tahun 2019 targetnya meningkat menjadi 17 juta penumpang dengan passenger load factor sebesar 88 persen. (ym)
Labels: Travel

Thanks for reading Citilink Kini Resmi Terbangkan Pesawat dengan Wifi. Please share...!

Back To Top