Persaingan Bisnis Es Krim Semakin Ketat

Jajaran Direksi dan Komisaris PT Campina Ice Cream Industry Tbk (dari kiri ke kanan), Vincent Makmur Widjaja, Komisaris Independen, Arif Harmoko Rayadi, Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan, Adji Andjono Purwo, Direktur Pemasaran, Samudera Prawirawidjaja, Presiden Direktur, Hendro Hadipranoto, Direktur Umum dan Hans Jensen, Direktur usai acara paparan public di Surabaya, Selasa (4/12/2018)


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP) optimistis strategi baru yang telah disiapkan mampu mengejar pertumbuhan 10 persen pada 2019 mendatang.

Presiden Direktur Campina, Samudera Prawirawidjaja mengatakan munculnya pendatang baru di pasar es krim dalam negeri telah memicu terjadinya “peperangan berdarah-darah” di segmen bawah. Para pemain baru itu gencar merebut hati konsumen terutama di level bawah dengan jurus membanting harga produk-produknya.

Kehadiran mereka itu diakuinya memengaruhi kinerja Campina, di mana penjualan sepanjang 2018 tertekan dan mengalami penurunan 2,8 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Meskipun demikian, Campina tidak lantas ikut-ikutan terbawa arus mereka, bermain di level bawah, apalagi dengan membanting harga produk. Campina tetap fokus mempertahankan brand yang mengedepankan produk-produk yang higienis dan memperkuat jaringan distribusi serta menyiapkan strategi ke depan berdasarkan kondisi pasar 2018 untuk menjaga pertumbuhan di 2019.

“Berbagai strategi sudah kami siapkan dan kami optimistis dengan strategi ini nanti kami bisa tumbuh 10 persen pada 2019,” kata Samudera saat Paparan Publik di Surabaya, Selasa (4/12/2018).

Samudera menjelaskan strategi yang disiapkan bertumpu pada upaya memperkuat brand sebagai pemain utama es krim dengan penguasan pasar 20 persen. Untuk itu, tahun depan, Campina berencana meluncurkan beberapa produk baru untuk memasuki segmen es krim premium dan es krim refreshment. Dua segmen ini akan bisa memperkuat eksistensi brand kita sebagai pemain utama es krim. "Selain itu, Campina juga akan melanjutkan kerjasama lisensi karakter dengan Disney dan Nickleodeon melalui peluncuran beberapa produk baru yang sesuai dengan perkembangan yang ada untuk menjaring konsumen yang lebih banyak. Campina juga akan meluncurkan produk-produk baru dari kerja sama ini yang mengikuti tren yang sedang hangat di masyarakat,” katanya.

Direktur Pemasaran Campina, Adji Andjono menambahkan Campina akan terus melakukan inovasi produk berkelanjutan yang berkualitas prima untuk memelihara loyalitas konsumen dan meningkatkan daya tarik konsumen terhadap produk es krim Campina. Kami menyadari bahwa tren milenial saat ini sangat berkembang pesat sehingga kami memandang perlu untuk memberi perhatian besar dan memanfaatkan hal ini untuk kemajuan Campina kedepannya.

"Untuk itu, Campina akan menerapkan Digital Marketing Strategy dengan memanfaatkan semua digital platform yang saat ini digandrungi masyarakat. Harapannya komunikasi perusahaan kepada konsumen maupun masyarakat pada umumnya menjadi semakin menarik dan efektif. Lalu, dari segi distribusi produk, Campina juga akan terus melakukan ekspansi dan penetrasi ke kota-kota sekunder dengan menggandeng distributor-distributor baru untuk memperkenalkan produk es krim Campina lebih luas lagi. Saat ini, Campina memiliki 60 distributor. Mereka diantaranya adalah 30 distributor internal dan 30 distributor pihak ketiga," lanjutnya.

Sedangkan di Jawa, perusahaan memperkuat saluran pemasaran di channel non modern trade. Channel pemasaran nonkonvensional juga dikembagkan perusahaan melalui e-commerce dan home delivery dan lifestyle. Pertumbuhan di channel pemasaran non konvensional menjadi perhatian perusahaan karena channel tersebut merupakan channel pertumbuhan paling besar di masa depan. “Dengan mengembangkan channel pemasaran non konvensional maka perusahaan akan lebih mendekatkan brand kepada kaum milenial, karena mereka salah satu target utama pemasaran produk,” terang Adji. (dri)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Persaingan Bisnis Es Krim Semakin Ketat. Please share...!

Back To Top