BBI Jajaki Ekspor Kondensor ke Italia

Direktur Utama PT Boma Bisma Indra (BBI), Rahman Sadikin bersama jajaran direksi BBI saat pelepasan ekspor kondensor ke Argentina di Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (29/1/2019)


PASURUAN (IndonesiaTerkini.com)- PT Boma Bisma Indra (BBI) sedang menjajaki ekspor ke Italia untuk produk kondensor. Perluasan pasar ekspor ini merupakan upaya BBI untuk mencapai target penjualan sebanyak Rp 510 miliar sampai akhir tahun 2019.

"Kami sedang menjajaki kontrak dengan Italia untuk produk kondensor dan diharapkan bisa segera terealisasi,” kata Direktur Utama BBI, Rahman Sadikin, usai pelepasan ekspor kondensor ke Argentina di Pasuruan, Selasa (29/1/2019).

Rahman menyebutkan, selama ini kondensor yang diproduksi perseroan lebih banyak dilempar ke pasar ekspor, yakni di sejumlah negara di lima benua, yakni 12 negara di Asia, 12 negara di Eropa, 17 negara di Amerika, satu negara di Afrika dan Australia. "Ini artinya kepercayaan orang luar terhadap produk Indonesia sangat tinggi," ujar Rahman.

Untuk ekspor ke Argentina, Rahman menjelaskan, kondensor itu akan digunakan di pembangkit listrik El Bracho Argentina. "BBI mendapatkan kontrak dari General Electric (Swiss) GmbH, yakni satu unit kondensor dan satu unit Admospheric Drain Vessel (ADV). Pengerjaannya mulai dari engineering, material, dan fabrikasi memakan waktu 10 bulan untuk kondensor dan enam bulan untuk ADV,” jelasnya.

Menurut Rahman, ekspor Argentina tersebut merupakan yang ke-51 dari total 65 kondesor yang telah dibuat BBI. Sedangkan sebanyak 14 unit kondensor diserap pasar dalam negeri. Pihaknya mengakui selama ini serapan pasar dalam negeri terhadap produk BBI memang masih kurang. "Namun, penjualan dalam negeri akan kita tingkatkan,” ungkapnya.

Rahman menambahkan, peluasan pasar ekspor dan pasar dalam negeri merupakan upaya mencapai target penjualan tahun 2019 sebesar Rp 510. Sementara tahun lalu, dari target Rp 350 miliar BBI hanya mampu membukukan 95 persen. "Kami optimistis target penjualan tahun ini akan tercapai karena pada Januari 2019 ini sudah membukukukan kontrak baru senilai Rp 15 miliar,” pungkasnya. (pr)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading BBI Jajaki Ekspor Kondensor ke Italia. Please share...!

Back To Top