BPJSTK Gandeng cermati.com Luncurkan Layanan Digital Kepesertaan BPU

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) menggandeng e-commerce financecermati.com.


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) kembali memperluan cakupan layanan kepesertaannya pada masyarakat. Kali ini dengan menggandeng e-commerce financecermati.com. BPJSTK berkomitmen hadirkan kemudahan layanan dalam pendaftaran hingga pembayaran iuran BPJSTK. Kerja sama ini tertuang dalam perjanjian kerjasama antar kedua lembaga tersebut di Cafe bilangan Menteng-Jakarta Pusat, Senin (28/1/2019).

Direktur Kepesertaan BPJSTK, Ilyas Lubis menyampaikan, cermati.com merupakan market aggregator produk keuangan pertama yang menyediakan layanan digital BPJSTK.

Ia mengatakan, dengan proses implementasi ini, melalui portal cermati.com dapat menerima proses pendaftaran hingga pembayaran iuran bulanan kepesertaan untuk sektor bukan penerima upah atau pekerja mandiri seperti ojek, pedagang, buruh bangunan, dan beberapa macam profesi mandiri lainnya. "Dengan terbukanya jalinan kerja sama ini nantinya masyarakat semakin dimudahkan dengan banyaknya layanan tersedia untuk memfasilitasi proses pendaftaran dan pembayaran iuran BPJSTK dan tentunya semakin memperluas cakupan kepesertaan BPJSTK di Indonesia," ujarnya, Senin (28/1/2019).

Direktur cermati.com, Andhy Koesnanda, mengatakan, pihaknya percaya bahwa perlindungan yang bersifat sosial, seperti BPJSTK sangat berguna dan perlu dimiliki masyarakat Indonesia, mempertimbangkan iuran yang sangat terjangkau dan peserta mendapatkan perlindungan yang maksimal. Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk dukungan cermati.com terhadap peningkatan program perlindungan jaminan sosial oleh BPJSTK.

Dari tahun ke tahun jumlah kepersertaan BPJSTK semakin meningkat. Dari data terkini per Desember 2018 tercatat jumlah total peserta BPJSTK mencapai 50,5 juta peserta, dimana sebanyak 30,5 juta adalah jumlah peserta aktif. Pada jumlah tersebut 2,4 juta peserta aktif merupakan peserta sektor bukan penerima upah, dan mengalami kenaikan dibandingkan pada periode yang sama di Tahun 2017 yakni 1,7 juta peserta aktif. “Dengan capaian data tersebut, kami berharap kerjasama ini dapat mewujudkan pertumbuhan kepesertaan BPJSTK sektor bukan penerima upah (BPU) sebagai wujud dukungan pada program negara.

Pastinya, di era serba digital saat ini, daftar dan bayar BPJSTK tidak lagi ribet karena bisa dilakukan secara online dan real time melalui platform cermati.com. Keunggulan layanan ini adalah pendaftaran bisa dilakukan dari ponsel pintar (smartphone) dengan waktu kurang dari lima menit saja. Caranya cukup mudah, isi data diri sesuai identitas KTP, pilih jenis pekerjaan, jumlah penghasilan serta kantor cabang BPJSTK, serta pilihan paket dan periode program BPJSTK yang dikehendaki, jika semua telah rampung dan peserta melakukan pembayaran iuran, maka pekerja tersebut telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pada sistem ini pula terdapat fitur reminder sebagai pengingat pembayaran iuran tiap bulannya. Cermati memiliki jangkauan yang cukup luas ke dalam masyarakat, dan harapannya kami dapat berkontribusi dalam perwujudan kepesertaan di BPJSTK dengan mempermudah para pekerja segmen BPU mendapatkan perlindungan BPJSTK serta dukungan kami dalam capaian program negara mencapai aggresive growth tahun ini. Program yang dapat diikuti oleh peserta BPU ini antara lain Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), dan sebagai opsi tambahan juga tersedia program Jaminan Hari Tua (JHT) serta disediakan pula ruang simulasi perhitungan iurannya. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading BPJSTK Gandeng cermati.com Luncurkan Layanan Digital Kepesertaan BPU. Please share...!

Back To Top