Inka Ekspor 15 Gerbong Kereta ke Bangladesh

Menperin, Airlangga Hartarto, didampingi Dirut Inka, Budi Noviantoro, dan Direktur Eksekutif Bank Exim, Sinthya Roesly, serta Dubes RI untuk Bangladesh, Rina Sumarno, dan Deputi BUMN, Hambra, melepas ekspor gerbong kereta ke Bangladesh, di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Minggu (20/1/2019)


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- PT Industri Kereta Api (PT Inka) Persero, hari ini mulai mengirimkan gerbong kereta untuk Bangladesh Railway. Pengiriman Batch-1 ini merupakan pengiriman kereta untuk tipe BG (Broad Gauge) dengan jumlah total 15 gerbong. Sisanya dikirim bertahap melalui pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya sampai dengan bulan Juli 2019.

Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto, menyampaikan, pemerintah memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas keberhasilan PT Inka yang mampu memenangkan tender pengadaan kereta api Bangladesh sebanyak total 250 gerbong. "Pencapaian membanggakan ini menunjukkan kemampuan enjiniring dan teknologi yang bersaing di kancah industri perkeretaapian dunia," kata Airlangga, Minggu (20/1/2019).

Lebih jauh, Airlangga mengatakan, pemerintah akan memperkuat bank ekspor untuk mendukung pembiayaan kegiatan ekspor agar industri mampu menembus pasar luar negeri. PT Inka juga berhasil meningkatkan kebutuhan sumber daya manusia dari 5.000 pekerja menjadi 8.000 pekerja dengan melakukan ekspansi fasilitas produksi di Banyuwangi. "Secara keseluruhan, PT Inka memproduksi 250 kereta untuk Bangladesh Railway dengan rincian yakni 50 kereta tipe BG (Broad Gauge) dan 200 kereta tipe MG (Meter Gauge). Perbedaan kereta antara kereta tipe BG dan kereta tipe MG terletak pada lebar track (track gauge) yang digunakan. Untuk kereta tipe BG, digunakan pada track dengan lebar 1.676 milimeter (mm) sedangkan kereta tipe MG digunakan pada track dengan lebar 1.000 mm," lanjutnya.

Masing-masing tipe tersebut akan dirangkai beberapa jenis kereta, baik yang menggunakan air conditioned (AC) maupun non-AC, yakni WJC (kereta tidur AC), WJCC (kereta penumpang AC), WEC (kereta penumpang non-AC), WPC (kereta pembangkit), dan WECDR (kereta makan). Pada pengiriman Batch-1 ini jenis kereta yang dikirimkan terdiri dari 1 WJC, 1 WJCC, 10 WEC, 2 WECDR, dan 1 WPC. Kapasitas kereta tipe BG ini memiliki tempat duduk sebanyak 90 seats, baik untuk jenis WJCC (ber-AC) maupun WEC (non-AC). Sedangkan untuk kereta tipe MG, tempat duduknya berjumlah 55 seats (tempat duduk) untuk jenis WJCC (ber-AC) dan 60 seats untuk jenis WEC (non-AC).

"PT Inka merupakan pemenang tender dalam pengadaan kereta penumpang untuk Bangladesh Railway ini pada tahun 2017 dengan total nilai kontrak sebesar US$ 100,89 juta untuk 250 kereta yang dikirim mulai hari ini," tutupnya. (dri)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Inka Ekspor 15 Gerbong Kereta ke Bangladesh. Please share...!

Back To Top