Jokowi Dorong Bukalapak Fasilitasi UMKM Jualan Online

Presiden Joko Widodo menghadiri acara perayaan ulang tahun Bukalapak yang ke-9, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis, 10 Januari 2018


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara perayaan ulang tahun Bukalapak yang ke-9, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (10/1/2019) malam. Dalam sambutannya, Jokowi mendorong Bukalapak agar lebih banyak lagi memfasilitasi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berjualan di platform online.

"Saya mengajak Bukalapak agar membangun ekosistem online supaya nyambung dengan ekosistem offline. Artinya, seluruh UMKM yang ada di Indonesia bisa masuk ke Bukalapak. Caranya bisa bekerja sama dengan kementerian untuk memperbaiki kemasan produk-produk yang dimiliki UMKM," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, ada sekitar 56 juta pelaku UMKM di Indonesia. Namun, masih dijumpai sejumlah persoalan yang membuat UMKM sulit berkembang, di antaranya yang berkaitan dengan bagaimana membangun brand, membuat kemasan yang menarik, persoalan modal, hingga akses ke pasar. Persoalan ini, menurutnya, hanya bisa selesai apabila pihak swasta dan pemerintah berkolaborasi.

Jokowi juga berharap ke depannya marketplace online di Indonesia dipenuhi produk-produk lokal yang dikembangkan oleh para pelaku UMKM. "Jangan sampai produk kita tidak bisa masuk ke marketplace online dan malah diisi produk dari luar. Untuk sementara dalam jangka pendek dan menengah tidak apa-apa, tapi ke depannya harus diusahakan bersama agar yang dijual di marketplace online semuanya adalah produk dalam negeri," ujar Jokowi.

Di Bukalapak sendiri, saat ini sudah ada lebih dari 4 juta pelapak yang berjualan di platform mereka. Penggunanya pun telah meningkat pesat hingga 50 juta pengguna se-Indonesia. (ym)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Jokowi Dorong Bukalapak Fasilitasi UMKM Jualan Online. Please share...!

Back To Top