Modalku Salurkan Pinjaman Rp2,2 Triliun ke UMKM Indonesia

Pertumbuhan bisnis Modalku melesat tiga kali lipat sejak awal berdiri 3 tahun lalu


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pada 2018, pertumbuhan startup peer-to-peer (P2P) lending, Modalku, telah menyalurkan kredit Rp 2,2 triliun untuk UMKM di Indonesia. Sementara di Asia Tenggara total pendanaan yang telah disalurkan sekitar Rp 4 triliun termasuk di Malaysia, Singapura dan Indonesia.

“Pertumbuhan kami meningkat 3 kali lipat dari awal kami berdiri 3 tahun lalu, di awal kami hanya menyalurkan Rp 1 triliun,” ujar Reynold Wijaya,Co-founder dan CEO Modalku (PT Mitrausaha Indonesia Group).

Pendanaan tersebut telah disalurkan ke 150 ribu UMKM yang tersebar di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Namun menurutnya, mayoritas disalurkan kepada UMKM di Indonesia. Sementara untuk pemberi pinjaman telah tercatat ada sekitar 60 ribu akun yang terdaftar. Untuk pemberi pinjaman dapat mendanai UMKM mulai dari Rp 100 ribu per pinjaman dan sifatnya jangka pendek yaitu 1-24 bulan. Jadi, pemberi pinjaman tidak menunggu lama untuk mendapatkan kembali pokok dana beserta bunganya. Sementara penerima pinjaman UMKM bisa mendaftar untuk pinjaman modal usaha tanpa agunan hingga Rp 2 miliar dengan tenor hingga 24 bulan.

Selain itu, pihaknya juga telah bekerja sama dengan PT Askrindo (Persero) yang bertujuan untuk memitigasi risiko gagal bayar. “Secara rasio kredit macet (NPL) tercacat di angkat 0,9%, dan di Indonesia itu sekitar 0,7%,” dia menambahkan.

Untuk diketahui, saat ini Modalku telah menerima pendanaan seri B senilai Rp 350 miliar dalam ronde invetasi yang dipimpin SoftBank Ventures Asia. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Modalku Salurkan Pinjaman Rp2,2 Triliun ke UMKM Indonesia. Please share...!

Back To Top