Telkomsel Makin Serius Dukung Industri Game

Salah satu event kompetisi game yang digelar Telkomsel (Foto: istimewa)

JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Industri game di Indonesia potensinya luar biasa. Mengutip angka yang disampaikan Rahmat Imron, Game Creator dan CEO Happiness, sebuah perusahaan pengembang game spending game orang Indonesia mencapai Rp 76 triliun. Sayangnya, kurang dari 3% yang dinikmati pasar lokal. Telkomsel memahami kondisi tersebut ini dengan mendukung industri ini melalui berbagai aktivasi dan membangun komunitas game.

Dukungan Telkomsel sebagai operator seluler terbesar di Indonesia pada industri game sudah dimulai sejak 2009. Bisa dibilang Telkomsel, merupakan operator seluler pertama yang mendukung berkembangnya industri game di Indonesia. “Kami mengembangkan portal khusus yaitu Dunia Games sebagai games marketplace portal pertama yang memberikan kemudahan pengguna untuk menikmati berbagi ribuan konten games berbasis Java, flash dan html yang kala itu sedang digandrungi untuk handset berbasis java,” kata Auliya Ilman Fadli, General Manager Games and Apps Telkomsel.

Langkah tersebut berlanjut pada 2013 dengan memperkenalkan sistem gerbang pembayaran Direct Carrier Billing (DCB) untuk pembelian aplikasi dan konten digital. Bukti keseriusan Telkomsel dilanjutkan dengan membuka koneksi DCB untuk pembayaran aplikasi dan konten game di Google Play Store tahun 2014 yang dikenal dengan Jajan Online. Dan, pada tahun 2016, Telkomsel mengembangkan paket data khusus Gamers yang dikenal sebagai GamesMax yang memberikan berbagai kelebihan, di antaranya kuota khusus bermain games dan bonus voucher untuk berbagai pilihan title game.

Dukungan yang Telkomsel berikan semakin nyata kepada pengguna game dengan menyajikan Indonesia Games Championship sebagai kompetisi game tahunan terbesar di Indonesia yang sudah dilakukan sejak tahun 2017. Kemudian, diikuti dengan kompetisi-kompetisi di tingkat lokal dari mulai cluster, regional, area sampai nasional melalui Dunia Games Leagues (Amatir, Kampus dan Profesional). Tidak hanya itu, Telkomsel juga menginvestasikan sumber dayanya untuk mendirikan dan membina tim profesional dari berbagai divisi game mulai dari AoV, Mobile Legends dan PUBG. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Telkomsel Makin Serius Dukung Industri Game. Please share...!

Back To Top