Allianz Dicover Mempersingkat Proses Penjualan Agen

Joos Louwerier, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia (tengah)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Asuransi Allianz Life Indonesia memperkenalkan pembaruan aplikasi digital, Allianz Discover, untuk para tenaga pemasar asuransi jiwa dan kesehatan. Aplikasi yang telah diluncurkan sejak tahun 2015 ini, membantu para tenaga pemasar mempersingkat proses penjualan.

Karin Zulkarnaen, Head of Market Management Allianz Indonesia, mengatakan, ada dua permasalahan umum yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia yang menjadi nasabah asuransi. Pertama, masih banyak nasabah membeli asuransi, tapi tidak mengetahui dan tidak mengerti secara detail produk yang mereka miliki, apakah sesuai atau tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Kedua, banyak nasabah membeli asuransi tapi tidak memahami dengan jelas apakah asuransi yang sudah mereka beli itu mencukupi kebutuhan mereka nantinya.

“Nasabah dan tenaga pemasar bisa memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di
dalam aplikasi Allianz Discover. Dengan aplikasi ini, nasabah dapat menentukan jenis perlindungan apa yang paling sesuai untuk mereka. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan informasi kebutuhan finansial dan risiko, sehingga tenaga pemasar dapat memberikan informasi kepada nasabah untuk menentukan perlindungan asuransi sesuai kebutuhan," ujarnya, Selasa (12/2/2019).

Berdasarkan riset Accenture mengenai "Segmentasi Nasabah di Pasar Penting Asia", dalam membeli produk asuransi, calon konsumen yang temasuk di dalam segmen mileniai, kelas menengah dan usia di atas 50 tahun melakukan riset produk, baik secara online dan offline. Adapun sebanyak 46% hingga 57% calon konsumen memilih untuk membeli produk asuransi jiwa dan kesehatan secara offline. Artinya, nasabah masih memilih untuk mendapatkan penjelasan secara langsung dari tenaga penjual.

“Aplikasi ini merupakan gabungan dari solusi digital dan interaksi langsung antara
tenaga pemasar dan nasabah. Aplikasi ini digunakan untuk memahami dan menetukan sendiri jenis perlindungan apa yang memang dibutuhkan oleh nasabah,” kata Ginawati Djuandi, Chief Agency Officer Allianz Life Indonesia.

Pengembangan aplikasi penjualan digital Allianz Discover ini selaras dengan strategi transformasi digital yang dilakukan perusahaan di bidang pelayanan, terutama pada titik pertemuan antara nasabah dan tenaga pemasar. "Kami menyadari nasabah membutuhkan informasi perlindungan asuransi sebanyak dan secepat mungkin, tanpa kehilangan relasi manusia,” lanjutnya.

Namun sayangnya, saat ditanya berapa target penambahan nasabah yang akan dicapai melalui aplikasi ini, Karin tidak menjawabnya secara rinci dan spesifik. “Target penambahan nasabah secara keseluruhan pada tahun 2019, bukan hanya dari aplikasi ini saja, targetnya belasan digit. Namun yang jelas pada desember 2018 saja, 65% dari total aplicant, men-submit mealui Allianz Discover,” katanya.

Ke depan, pihaknya membocorkan akan mengembangkan inovasi yang akan bekerjasama dengan e-commerce. Dimana nasabah nantinya akan dapat membeli asuransi melalui platform e-commerce. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Allianz Dicover Mempersingkat Proses Penjualan Agen. Please share...!

Back To Top