Merger dengan SMBCI, Bank BTPN Yakin Lebih Besar dan Kuat

Konferensi pers resmi beroperasinya PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) sebagai bank baru hasil penggabungan usaha (merger) antara PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI), di Jakarta, Jumat, 1 Februari 2019


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) mulai resmi beroperasi sebagai bank baru hasil penggabungan usaha (merger) dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI).

Direktur Utama Bank BTPN, Ongki Wanadjati Dana menyampaikan, melalui merger ini, Bank BTPN akan menjadi bank universal yang memiliki bisnis lebih lengkap dan melayani segmen nasabah yang lebih luas, mulai dari segmen mass market (ritel) hingga korporasi.

"Merger Bank BTPN dan SMBCI diyakini memberi dampak positif, bukan hanya bagi perusahaan, namun juga bagi perekonomian nasional. Karena merger ini melahirkan sebuah bank yang lebih besar dan kuat, yang diharapkan mampu memberikan kontribusi lebih besar bagi perekonomian nasional," kata Ongki Wanadjati, di Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Bank BTPN menurutnya akan tetap fokus mengembangkan bisnis utama yang sudah dijalankan BTPN dan SMBCI sebelumnya, yakni bisnis pensiunan, bisnis usaha mikro kecil dan menengah, pendanaan, dan perbankan digital melalui BTPN Wow! Dan Jenius yang sebelumnya dimiliki Bank BTPN, serta bisnis korporasi yang sebelumnya dimiliki SMBCI. "Bank hasil merger merupakan perpaduan yang ideal antara BTPN yang fokus pada segmen mass marketdan usaha kecil dan menengah, dengan SMBCI yang fokus di segmen korporasi. Kedua bank memiliki segmen dan model bisnis berbeda, tetapi saling melengkapi,” kata Ongki.

Dengan modal yang lebih besar dari hasil penggabungan, lanjut Ongki, bisnis korporasi BTPN akan memiliki kemampuan pembiayaan yang lebih besar dan melayani nasabah di luar Jakarta. Total aset yang dimiliki Bank BTPN pasca merger sebesar Rp 189,92 triliun (proforma per Desember 2018).

Berbekal pengalaman membangun dan meluncurkan bisnis baru, Ongki menyampaikan Bank BTPN juga memiliki potensi untuk mengembangkan segmen pasar yang belum tersentuh, seperti segmen korporasi menengah dan UKM yang lebih besar atau segmen komersial, serta mengembangkan cakupan bisnis ritel. Selain itu, Bank BTPN juga akan tetap konsisten melanjutkan inovasi dan transformasi. lnovasi dilakukan dengan memperbesar skala model bisnis BTPN Wow! dan Jenius sebagai platform untuk melayani segmen nasabah yang lebih luas. Sementara itu, transformasi dilakukan dengan digitalisasi pada bisnis pensiun, mikro, kecil dan menengah. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Merger dengan SMBCI, Bank BTPN Yakin Lebih Besar dan Kuat. Please share...!

Back To Top