Rayakan HUT ke-26, Bhinneka Buka Toko Fisik di Surabaya

(Empat dari Kiri) Chief of Omni Channel Officer (COCO) Bhinneka, Vensia Tjhin saat grand opening Bhinneka Store Surabaya, Jumat (15/2/2019)


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Dalam rangkaian perayaan 26 tahun Bhinneka melayani Indonesia, pionir e-commerce tersebut kian memantapkan kehadirannya tak hanya online tapi juga offline melalui strategi omni channel di bisnis retailnya. Bhinneka (dahulu dikenal sebagai Bhinneka.Com) hari ini meresmikan Bhinneka Store yang hadir di WTC 2 Surabaya dengan desain yang lebih segar, lebih luas, ragam produk yang relevan dengan karakteristik konsumen di Surabaya dan sekitarnya; serta pengalaman berbelanja yang sama antara online dan offline.

WTC 2 atau yang juga kerap disebut E-Mall dipilih menjadi lokasi Bhinneka Store Surabaya karena segmentasinya. WTC 2 Surabaya sudah dikenal sebagai pusat perbelanjaan khusus elektronik, gadget, dan IT di Kota Pahlawan dengan rata-rata jumlah pengunjung mencapai hingga belasan ribu orang tiap harinya.

“Pasar Bhinneka di Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya menjadi yang terbesar setelah Jakarta serta Bodetabek. Sehingga kehadiran Bhinneka Store di Surabaya merupakan langkah strategis untuk kian memperluas pelayanan, dan menjangkau konsumen lebih jauh. Sebab Bhinneka Store tak hanya melayani jual beli biasa, melainkan sekaligus drop-off point untuk layanan purnajual, bersama para personal shopping assistant,” jelas Chief of Omni Channel Officer (COCO) Bhinneka, Vensia Tjhin, di sela-sela seremoni grand opening Bhinneka Store Surabaya, Jumat (15/2/2019).

Pertumbuhan revenue Bhinneka Store Surabaya meningkat lebih dari 60 persen dalam kurun dua tahun terakhir. Tak hanya dari warga Surabaya sendiri dengan kontribusi 82 persen, antusiasme konsumen juga berasal dari Sidoarjo, Gresik, bahkan sampai Batu. Adapun kategori produk yang paling dicari meliputi IT, laptop dan komputer, gadget, dan perangkat pendukung komputer. Data ini menggambarkan preferensi dan selera belanja pelanggan Bhinneka di Surabaya dan sekitarnya.

Lebih lanjut dipaparkan, Surabaya sendiri memang menjadi kota terbesar untuk pangsa pasar retail Bhinneka di area Indonesia Tengah dan Indonesia Timur dengan kontribusi 15 persen. Disusul Denpasar, Bali; dan Malang. Tetap didominasi kategori laptop, dan gadget. Hal ini kembali membuktikan bahwa Bhinneka memang telah dikenal sebagai ahlinya produk-produk 3Cs (Computer/IT, Communication Technology and Consumer Electronics).

Vensia menjelaskan, strategi omni channel ini telah berhasil mengintegrasikan kanal penjualan dari online ke offline, serta menjangkau pasar yang lebih luas. Di mana karakter konsumen di kedua kanal ini berbeda. Kehadiran toko fisik Bhinneka ini menambah kepercayaan masyarakat, salah satu contoh nyata, penjualan kami meningkat ke kawasan timur Indonesia di mana toko fisik kami belum hadir.

"Dalam hal ini, pasar kawasan Indonesia Timur memang sangat menarik perhatian. Berdasarkan catatan Bhinneka, transaksi retail tunggal dengan nominal tertinggi sepanjang 2018 (cakupan area Maluku dan Papua) mencapai hingga Rp40 jutaan, yaitu produk server. Disusul kemudian produk laptop premium dengan harga Rp22 jutaan. Trennya pun terus terlihat dalam dua tahun terakhir," imbuhnya.

Sementara itu, seremoni grand opening Bhinneka Store Surabaya sengaja dipilih pada 15 Februari, lantaran bertepatan dengan peringatan hari jadi ke-26 tahun Bhinneka. Rangkaian acara berlangsung hingga Minggu (18/2/2019).

“Februari memang merupakan bulan yang istimewa bagi Bhinneka. Menjadi penanda bahwa Bhinneka telah hadir dan turut mengembangkan e-commerce Indonesia lebih dari seperempat abad. Bukan hanya itu, kami juga terus eksis hingga kini dan berinovasi menghasilkan teknologi belanja online. Kehadiran Bhinneka Store menjadi salah satu bagian dari kiprah Bhinneka. Karena selain retail, Bhinneka juga kokoh sebagai pemain e-commerce B2B, serta terdaftar di sebagai mitra LKPP untuk pengadaan pemerintah (B2G). Ada pula Bhinneka DPS yang melayani bisnis penyediaan digital printer skala besar,” urai Vensia.

Jangan lewatkan promo khusus grand opening Bhinneka Store Surabaya dengan beragam produk dan gadget keren dan kekinian. Catat tanggalnya, 17 Februari di Bhinneka Store Surabaya, lantai 5 WTC 2 e-Mall. Ada 1.000 produk IT seharga Rp26.000 pada 17 Februari 2019, khusus pukul 10.00-17.00 Wib. Juga ada gaming competition dari Intel dengan hadiah utama laptop dan gaming accessories pukul 17.00-22.00 Wib. (dri)
Labels: bhinneka buka toko fisik, hut ke-26, indonesiaterkini.com, surabaya

Thanks for reading Rayakan HUT ke-26, Bhinneka Buka Toko Fisik di Surabaya. Please share...!

Back To Top