Tim Undip Borong Emas pada Dua Ajang Lomba Penemuan Internasional

Tim peneliti muda dari Universitas Diponegoro Semarang memborong medali emas dalam dua lomba penemuan tingkat internasional di Jepang dan Korsel


SEMARANG (IndonesiaTerkini.com)- Tim peneliti muda dari Universitas Diponegoro Semarang memborong medali emas dalam dua lomba penemuan tingkat internasional di Jepang dan Korsel.

Dalam ajang lomba 2018 Japan Design, Idea and Invention Expo di Tokyo Jepang, yang digelar 3-5 Agustus 2018, tim terdiri atas tujuh mahasiswa lintas fakultas, yakni Nur Hakim Rambe, Ari Purnomo, Falasifah, Rizka Zakiyatul Miskiyah, Ajeng Kurniawati, Almalina Nabila Sulistyo Rini dan Khusnul Khotimah, berhasil menyabet emas. Mereka berhasil meyakinkan dewan juri dengan penelitian berjudul "Perbandingan Tingkat Efisiensi Pemurnian Bahan Bakar Etanol melalui Saringan Terbarukan dan Zeolit Hidrofobik". Tim berhasil menyisihkan 300 penelitian dari berbagai negara peserta.

Tim yang sama beranggotakan lima mahasiswa kembali berhasil menggondol emas pada ajang Seoul International Invention Fair di Seoul Korsel, 6-9 Desember 2018. Judul penelitian mereka berjudul Produksi Terintegrasi Biotanol dan Biodiesel dari Limbah Organik menggunakan Zeolit Hidrofobik sebagai Zat Pemisah. "Kami berhasil menyisihkan 606 penemuan mahasiswa dari ratusan perguruan tinggi beberapa negara," ujar Nur Hakim Rambe, mahasiswa Teknik Kimia Undip, Sabtu (2/2/2019).

Ajeng Kurniawati menambahkan, sebelum bergabung dalam tim, mereka mendaftar secara individu. Oleh pihak universitas, mereka kemudian digabung dalam satu tim dibawah bimbingan Prof Andre Cahya Kumara dari Teknik Kimia. "Berkat dua prestasi ini, kami akan dikirim lagi ke ajang 47th International Exhibitions of Inventions Geneva pada 10-14 April 2019," ujar Ajeng, mahasiswa Agribisnis FPP Undip. (rin)
Labels: Pendidikan

Thanks for reading Tim Undip Borong Emas pada Dua Ajang Lomba Penemuan Internasional. Please share...!

Back To Top