Dukung Tol Laut, Kemhub Serahkan KM Sabuk Nusantara 71 ke Pelni

Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyerahkan kapal tol laut, KM Sabuk Nusantara 71, kepada PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) di Ambon, Sabtu (16/3/2019)


AMBON (IndonesiaTerkini.com)- Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyerahkan kapal tol laut, yaitu KM Sabuk Nusantara 71 kepada PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) untuk dioperasikan.

"Hari ini kita telah sama-sama menyaksikan penyerahan kapal KM Sabuk Nusantara 71 ke PT Pelni untuk mendukung trayek tol laut," ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Wisnu Handoko, Sabtu (16/3/2019).

Menurut Wisnu, nantinya kapal KM Sabuk Nusantara 71 akan melayani rute Ambon-Bebar-Wulur-Romang-Kisar-Leti-Moa-Lakor-Luang-Sermatang/Mahleta-Tepa-Dai-Dawelar-Kroing-Marsela-Saumlaki-Tual-Ambon. "Provinsi Maluku jika dilihat dari jumlah trayek khususnya untuk kapal perintis saat ini berjumlah 30 trayek yang dilayani dengan 30 kapal perintis, ini menjadi salah satu provinsi yang memilik banyak trayek dan kapal yang di operasikan untuk melayani tol laut," ujar Wisnu.

Lebih lanjut, Wisnu mengatakan, di tahun 2019 Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah mengalokasikan anggaran untuk menggantikan kapal yang usianya sudah tua. "Tujuannya adalah untuk memaksimalkan pelayanan agar lebih bagus dan memiliki kapasitas lebih besar mengingat pertimbangan faktor keselamatan bahwa perairannya cukup luas dan resikonya pelayaran lebih tinggi tentunya butuh kapal yang ukurannya lebih besar," kata Wisnu. (pr)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Dukung Tol Laut, Kemhub Serahkan KM Sabuk Nusantara 71 ke Pelni. Please share...!

Back To Top