Kadin Ajak Pihak Swasta Optimalkan Penerapan SDGs di Indonesia

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani, dalam acara Kadin CEO Breakfast Meeting bertema “Kontribusi Strategis Swasta untuk SDGs” di Kadin Lounge, Menara Kadin Indonesia, Senin (11/3/2019)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong peran aktif swasta untuk menyukseskan tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan global (sustainable development goals/SDGs) di dalam negeri. Peran swasta diharapkan dapat menyelaraskan kegiatan operasional mereka untuk mendorong implementasi SDGs.

“Praktik bisnis yang berkelanjutan dalam dunia usaha di era sekarang sudah menjadi tuntutan sebagai tanggung jawab swasta bukan hanya terhadap stakeholder-nya (pemangku kepentingan) saja, namun juga terhadap lingkungannya,” kata Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani di acara Kadin CEO Breakfast Meeting bertema “Kontribusi Strategis Swasta untuk SDGs” di Kadin Lounge, Menara Kadin Indonesia, Senin (11/3/2019).

Rosan P Roeslani mengatakan, Kadin Indonesia telah menyusun buku panduan praktis bagi swasta untuk menerapkan SDGs. Pihaknya berharap, swasta selain bisa menerapkan praktik untuk keberlanjutan usahanya, juga dapat menyelaraskannya dengan pembangunan yang berkelanjutan sehingga swasta dapat berkontribusi aktif dalam mencapai SDGs di tahun 2030. Seperti diketahui pada tahun 2015, 193 negara yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan dan bersepakat untuk mengadopsi 17 agenda SDGs; diantaranya menghapus kemiskinan, meningkatkan pendidikan dan kesehatan, memerangi perubahan iklim serta mempererat kemitraan global.

Mendukung tujuan tersebut, kata Rosan P Roeslani, pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan sebagai tonggak utama dalam mengimplementasikan SDG di dalam negeri. "Pemerintah sudah menyediakan platform-nya. Kini saatnya swasta proaktif dalam penerapan SDG. Saya yakin sejumlah sektor potensial bisa dikerjasamakan untuk mencapai agenda global ini,” ujar Bayu Krisnamurthi, Ketua IPB SDG Network yang juga anggota Kelompok Kerja (Pokja) Nasional SDG dan anggota Dewan Pakar Pakar Kadin Indonesia. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Kadin Ajak Pihak Swasta Optimalkan Penerapan SDGs di Indonesia. Please share...!

Back To Top