Genjot Ekspor, Indonesia Promosi Produk Unggulan di Afrika Selatan

KBRI Pretoria dan Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Johannesburg berpartisipasi dalam pameran Annual Global Business Roundtable (GBR) World Congress and Exhibition pada 27-29 Maret 2019 di Johannesburg, Afrika Selatan


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Indonesia mempromosikan produk unggulan dan pariwisata di The 9th Annual Global Business Roundtable (GBR) World Congress and Exhibition yang berlangsung pada 27-29 Maret 2019 di Johannesburg, Afrika Selatan. Partisipasi Indonesia terselenggara atas kerja sama Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Johannesburg dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Pretoria.

"Selain untuk mempromosikan produk Indonesia, partisipasi Indonesia pada Forum GBR ini merupakan upaya meningkatkan kerja sama Indonesia dan Afrika Selatan, khususnya menyambut peringatan 25 tahun hubungan kerja sama diplomatik kedua negara di tahun 2019," jelas Duta Besar RI di Pretoria Salman Al Farisi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/4/2019).

Dalam forum yang bertema Achieving Sustainable Global Economic Growth and Equitable Distribution of Resources, stan Indonesia menampilkan sejumlah produk unggulan, antara lain produk manufaktur sektor otomotif yaitu ban dan aki, serta produk makanan dan minuman yang telah memasuki pasar Afrika Selatan. Dubes Salman membuka stan Indonesia itu. Turut hadir dalam forum tersebut, perusahaan niaga elektronik dari Indonesia yaitu PT Solusi Ekosistem Global yang membawa platform Glexindo sebagai laman pemasaran penjualan produk Indonesia secara bisnis ke bisnis (B to B) dan bisnis ke pemerintah (B to G). Glexindo menampilkan sejumlah produk unggulan UKM Indonesia melalui displai elektronik, antara lain batik, makanan khas, serta kerajinan tangan.

Sementara itu, Kepala ITPC Johannesburg Anggun Paramita Mahdi menyampaikan, partisipasi dalam GBR dapat memberikan manfaat yang positif bagi Indonesia karena GBR memiliki misi sebagai forum jejaring kerja bagi para pelaku usaha. "Penting bagi Indonesia mempromosikan produk Indonesia secara aktif dalam kegiatan GBR ini karena jejaring yang terbentuk secara global dapat meningkatkan citra produk Indonesia yang memiliki kualitas baik dan terpercaya," kata Anggun.

Dalam forum tersebut, ITPC Johannesburg juga mempromosikan Trade Expo Indonesia ke-34 yang akan diselenggarakan di ICE BSD City pada 16-20 Oktober 2019. Kinerja perdagangan Indonesia-Afrika Selatan menunjukkan tren yang positif. Total perdagangan Indonesia Indonesia-Afrika Selatan pada 2018 mencapai 1,71 miliar dolar AS atau meningkat sebesar 43,34 persen dibandingkan pada 2017 yang tercatat sebesar 1,2 miliar dolar AS. (pr)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Genjot Ekspor, Indonesia Promosi Produk Unggulan di Afrika Selatan. Please share...!

Back To Top