Transformasi OCBC NISP Menuju Beyond Tradisional Banking

Presiden Direktur Bank OCBC NISP, Parwati Surjaudaja pada saat perayaan ulang tahun OCBC NISP ke-78


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Bank OCBC NISP merayakan hari ulang tahunnya yang ke-78 dengan meluncurkan tagline inspirasi semangat ‘Tidak Ada Yang Tidak Bisa’ atau #TAYTB. Tagline ini ditujukan untuk para generasi muda produktif Indonesia untuk meraih aspirasi dan cita-citanya.

Presiden Direktur Bank OCBC NISP, Parwati Surjaudaja mengatakan, tagline ini merupakan semangat yang ditularkan oleh pendiri bank OCBC NISP yakni, Karmaka. Seruan ini kami tujukan kepada generasi muda produktif Indonesia dalam mengatasi keraguan saat merintis usaha, berinvestasi properti, atau hal lain yang masuk ke dalam life goals atau bucket lists mereka. Perbankan bukan lagi hanya instrumen untuk menyimpan uang, tapi sebagai enabler untuk mendukung aspirasi anak muda. Di usia 78 tahun ini kami akan terus berinovasi agar mampu menjawab kebutuhan generasi yang sangat dinamis dan bersemangat tinggi ini.

"Bank OCBC NISP didirikan pada tahun 1941 dengan nama NV Nederlandsch Indische Spaar En Deposito dan mengalami berbagai macam proses transformasi dan krisis. Hingga akhirnya pada tahun 1994, bank yang awalnya berdiri di Bandung ini menjadi perusahaan publik. Kami melanjutkan babak baru dari traditional banking menjadi beyond traditional banking. Hal ini kami lakukan untuk terus memberikan kemudahan dalam berinteraksi dengan para konsumen ditengah transaksi digital yang semakin cepat,” ujarnya, Jumat (5/4/2019).

Adapun usaha transformasi ke arah beyond traditional banking adalah pertama, dengan meluncurkan One Mobile Banking pada tahun 2018. Aplikasi ini ditujukan untuk menunjang digital lifestyle yang akan mempermudah proses transaksi, pengelolaan keuangan dan bisnis para pengguna. Aplikasi ini juga akan mempermudah transisi cashless dan membantu mengendalikan pengeluaran sesuai budget yang sudah ditentukan.

“Mereka juga dapat melakukan dan memonitor hasil investasi yang dimiliki. Selain itu, Bank OCBC NISP menghadirkan layanan Entrepreneur One di aplikasi One Mobile untuk generasi muda yang ingin memulai atau mengembangkan usaha dengan kemudahaan pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis,” ujar Head of Strategy and Innovation Bank OCBC NISP, Ka Jit.

Lebih jauh, Ka Jit mengatakan bahwa saat ini tercatat ada 250 ribu orang pengguna aplikasi ini atau 20% dari jumlah nasabah Bank OCBC NISP. Selain itu, dia menargetkan adanya kenaikan nasabah sebesar 25% sampai akhir tahun 2019 mendatang. Strateginya adalah dengan terus mengembangkan fitur yang saat ini kami miliki, mengeluarkan produk yang bisa dibeli melalui mobile banking, mempush marketing dan sosialisasi. Kedua, mengalihfungsikan peran cabang yakni dengan meluncurkan konsep Premium Guest House. Hal ini dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah transaksi di kantor-kantor cabang OCBC NISP. Konsep ini menggabungkan teknologi dan service assistant untuk memberikan rekomendasi atau masukan terkait layanan perbankan kepada seluruh nasabah. Kebutuhan banking dapat dilakukan di platform yang tersedia di Smart Area.

Selain itu, tersedia juga Premium Living Space dan Personal Meeting Room untuk berdiskusi secara langsung dengan para advisor dalam menentukan strategi finansial yang sesuai dengan kebutuhan individu masing-masing. Premium Guest House OCBC NISP juga menawarkan solusi advisory untuk para entrepreneur, di mana mereka bisa memanfaatkan end-to-end business solutions untuk mengembangkan usaha mereka. “Saat ini kami telah memiliki 4 cabang dengan konsep Premium Guest House. Rencananya, kami akan menambah 5 kantor cabang berkonsep serupa di tahun ini. Ketiga, KPR Easy Start yang rencananya akan diluncurkan pada bulan ini. Produk KPR Easy Start dirancang dengan skema cicilan mengikuti pendapatan konsumen seiring dengan perkembangan karirnya. Kami berharap dengan produk ini, para generasi muda bisa memiliki rumah dengan cicilan yang terjangkau,” kata Parwati.

Sebagai tambahan, per Juni 2018, Bank OCBC NISP melayani nasabah melalui 315 jaringan kantor di 61 kota di Indonesia, dilengkapi dengan 719 unit ATM Bank OCBC NISP yang dapat diakses di lebih dari 179.000 jaringan ATM di Indonesia, serta sekaligus terhubung dengan lebih dari 900 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Transformasi OCBC NISP Menuju Beyond Tradisional Banking. Please share...!

Back To Top