3 Indonesia Optimalisasi Infrastruktur Internet

Konferensi pers program Ramadan dan kesiapan Idul Fitri 3 (Tri) Indonesia, Jakarta, Selasa, 7 Mei 2019


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat mudik dan Hari Raya Idul Fitri, 3 Indonesia (Tri) yang saat ini memiliki 38 juta pelanggan terus meningkatkan kualitas layanannya serta optimalisasi infrastruktur internet. 3 juga telah mempersiapkan perluasan kapasitas dan cakupan jaringan sejak awal tahun sebagai bagian dari ekspansi agresif 3 membangun 8.000 sites 4G baru di tahun 2019.

Chief Technology Officer 3 Indonesia, Desmond Cheung menyampaikan, lebih dari 50 persen dari total sites tersebut telah dibangun di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Tambahan sites ini diperkirakan mampu menampung lonjakan trafik hingga 140 persen. 3 juga telah melakukan transformasi core network system yang tersebar di 19 kota, sehingga pengaturan trafik komunikasi data 3 tidak terpusat.

"Dengan diberlakukannya sistem ini, memudahkan bagi kami untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet 3, memperluas kapasitas, serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar. Sehingga pelanggan 3 dapat mengakses mobile games, Instagram, Facebook, aplikasi instant messaging dengan lebih cepat," kata Desmond Cheung dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/5/2019).

Dengan upaya ekspansi dan optimalisasi kapasitas ini, lanjut Desmond, maka pengalaman berinternet pelanggan 3 akan semakin baik khususnya di kota-kota yang menjadi tujuan mudik, lokasi wisata dan titik layanan umum seperti pelabuhan laut dan udara, stasiun kereta api serta terminal bis. Untuk mendukung perjalanan mudik jalur darat, jaringan 3 telah tersedia di sepanjang jalan tol Merak-Probolinggo dan ditingkatkan kapasitasnya dengan penambahan sejumlah mobile BTS.

Menyambut datangnya bulan Ramadan, 3 juga meluncurkan program Ramadan Dobel Berkah dalam upaya menyebarkan semangat kewirausahawan kepada anak muda, dan tidak takut berbagi kebaikan. Dukungan 3 kepada anak muda yang berjiwa kewirausahaan dilakukan melalui program komunitas pelanggan BFF (Bima Friend Forever) dengan memanfaatkan fitur digital KiKiPu (kirim-kirim pulsa) dan KiKiDa (kirim-kirim paket data) yang dapat diakses melalui layanan digital 3, bima+. "Kami memahami, pelanggan 3 adalah anak muda Indonesia yang memiliki jiwa kewirausahaan sekaligus jiwa kepedulian sosial yang tinggi. Program Dobel Berkah menjadi sarana bagi mereka untuk mewujudkan semangat positif ini," ujar Chief Commercial Officer 3 Indonesia, Dolly Susanto.

Komunitas BFF ini telah memanfaatkan fitur KiKiPu dan KiKida untuk menambah uang saku mereka dengan cara mengirim pulsa atau paket data ke teman atau keluarga, lalu menjadikan sebagai transaksi penjualan pulsa dan paket data, sehingga mereka dapat meraih keuntungan dari marjin penjualan tersebut. Di bulan Ramadan ini, 3 Indonesia juga meluncurkan fitur BFF dengan Paket Dobel Berkah yang memungkinkan komunitas BFF meraih berkah ganda sekaligus, yaitu berkah berupa tambahan uang saku dan berkah atas pemberian sedekah untuk kaum dhuafa. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading 3 Indonesia Optimalisasi Infrastruktur Internet. Please share...!

Back To Top