Jelang Mudik Lebaran Smartfren Siapkan Lebih 180 Mobile BTS

Manajemen PT Smartfren Telecom mengumumkan kesiapan dukungan layanan komunikasi saat masa Ramadan, arus mudik, dan liburan Lebaran di Jakarta, Selasa (21/5/2019)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Smartfren Telecom mengerahkan lebih dari 180 Mobile Base Transceiver Station (BTS) jelang arus mudik Lebaran. Sebanyak 76 unit dikerahkan untuk mendukung kelancaran komunikasi di wilayah pulau Jawa.

“Smartfren harus menjamin kecukupan kapasitas dan kondisi kualitas jaringan. Oleh karena itu, layanan Smartfren harus selalu maksimal dan optimal selama masa mudik dan masa Lebaran maupun sepanjang Ramadan,” kata VP Technology Relations and Special Project Smartfren Munir Syahda Prabowo saat acara buka puasa bersama media di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Menurut Munir, analisis dan studi untuk tahun 2019, masih tetap sama. Load trafik data untuk mudik ada di Jawa Tengah. Wilayah Jateng akan kedatangan pemudik dari Jawa Barat dan Jatim, sehingga konsentrasi ada di Jawa Tengah. Diprediksi, ada sekitar 15-20% kenaikan layanan data. "Ada lebih dari 180 mobil BTS disebar ke seluruh Indonesia. Di Jawa, ada 126 unit sisanya, di luar Jawa. Jadi persentase saja, untuk Jawa yang paling besar. Hampir 70% resources di Jawa. Sisanya 20% di Sumatera, dan 10% di Kalimantan dan Sulawesi. Pembagiannya seperti itu, proporsionalnya,” paparnya.

Munir menambahkan, Smartfren sudah mengerahkan Mobile BTS sejak 30 April 2019 dan siap digunakan sejak 1 Mei lalu. Diperkirakan, trafik mulai menanjak pada dua minggu sebelum mudik. Sementara load trafik yang luar biasa tinggi akan terjadi pada tiga hari sebelum Lebaran. Berdasarkan data yang kami miliki ketika Ramadan tahun lalu sepanjang jalur mudik pulau Jawa serta di kota singgah] tujuan lalu lintas komunikasi mengalami peningkatan tren bukan hanya dari H-3 namun sejak seminggu menjelang hari raya Idul Fitri. Adapun peningkatan terjadi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Tasikmalaya, Magelang, Madiun, dan Banyuwangi,” ujar Munir.

Dari hasil uji kesiapan jaringan 4G LTE Advanced Smartfren, tahun ini Smartfren akan melakukan penambahan kapasitas rata-rata 30%, serta mempersiapkan team Task Force lapangan dan pemantauan 24 jam X 7 hari dari NOC diseluruh jalur mudik, lokasi publik dan kota tujuan, pelanggan Smartfren tidak perlu khawatir untuk menikmati layanan Smartfren selama mudik dan hari raya Lebaran 2019. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Jelang Mudik Lebaran Smartfren Siapkan Lebih 180 Mobile BTS. Please share...!

Back To Top