Pendapatan Layanan Digital Telkomsel di Jatim Tumbuh Signifikan

General Manager Digital Product Area Expansion Jawa Bali, Heribertus B Ariyanto, dan General Manager Sales Region Jawa Timur, Erick Novianto saat acara 'Digital World 2019' di Surabaya


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Telkomsel Area Jawa Bali menargetkan kontribusi pendapatan layanan digital di Jawa Timur pada kuartal pertama 2019 sebanyak 10 persen terhadap total pendapatan. Pendapatan layanan digital itu disumbang dari layanan gim, musik, video dan VAS yang mengalami pertumbuhan siginifikan baik pendapatan maupun jumlah pelanggan dalam dua tahun terakhir sejak Telkomsel fokus mengeber empat layanan itu untuk membangun ekosistem digital.

Sampai April 2019, pendapatan layanan gim tumbuh 75 persen, musik 68 persen dan video 18 persen. Sejalan dengan pertumbuhan itu, kontribusi pendapatann layanan digital itu terhadap total pendapatan Telkomsel di Jatim mencapai 9,2 persen. "Target kami untuk semester pertama atau sampai Juni nanti kontribusinya mencapai 10 persen. Sedangkan untuk semester kedua tahun ini kami belum mematok berapa angka yang layak, namun kami ingin tembus 12 persen," ujar General Manager Digital Product Area Expansion Jawa Bali, Heribertus B Ariyanto, di sela acara 'Digital World 2019' di Surabaya, Jumat (24/5/2019).

Heribertus optimistis, capaian layanan digital itu masih berpotensi tumbuh lebih besar lagi dari sekarang atau sampai akhir tahun seiring dengan ketersediaan berbagai produk dan aplikasi yang mendukung aktivitas gim, video dan musik untuk mengakomodir kebutuhan kaum milenial yang merupakan target pasar Telkomsel. Deretan aplikasi digital seperti Dunia Games, Max Stream, Muslim Plus dan Langit Musik, merupakan amunisi untuk mendongkrak pendatapan layanan digital di Jatim. "Dipilihnya Surabaya setelah Yogya dan Denpasar sebagai tempat diselenggarakan kegiatan itu karena Surabaya merupakan kota dengan perkembangan digital yang sangat tinggi," ungkap Heribertus.

General Manager Sales Region Jawa Timur, Erick Novianto, menambahkan, jumlah pelanggan data di Jatim saat ini mencapai 22 juta, dimana hampir 80 persen merupakan pengguna layanan digital dan 50 persen adalah pengguna gim. Saat ini komunitas gim di Jatim tersebar di setiap daerah seperti Malang, Jember dan Surabaya serta kota-kota lainnya. "Kita terus melakukan pendekatan ke komunitas game ini. Kita agresif memfasilitasi kompetisi game sejak tahun lalu,” kata Erick.

Tak hanya gim, lanjut Erick, untuk video Telkomsel melalui aplikasi Mak Stream juga terus menggaet pelanggan video baru. Dengan aplikasi ini pelanggan Telkomsel bisa menyaksikan film dan hiburan, olahraga dan pendidikan. Bahkan, saat ini di dalam Max Stream pelanggan Telkomsel bisa menonton ribuan film Indonesia dan internasional dan Telkomsel juga membuat film sendiri. Dengan aplikasi ini kita berharap layanan digital video juga bisa tumbuh. "Sementara, untuk layanan digital musik, Telkomsel juga sedang menggarap aplikasi langit musik. Dengan kelebihan streaming tanpa kuato, pelanggan juga bisa menikmati musik, sehingga harapan kita layanan digital dari musik ini akan berpacu dengan layanan digital lainnya," tutupnya. (dri)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Pendapatan Layanan Digital Telkomsel di Jatim Tumbuh Signifikan. Please share...!

Back To Top