Perangi Stunting dan Gizi Buruk, Frisian Flag Sebarkan Manfaat Susu

Seorang penyuluh dari Frisian Flag memberikan edukasi manfaat susu bagi pertumbuhan kepada murid-murid sekolah dasar di Malang, Jawa Timur, Kamis (2/5/2019)


BANDUNG (IndonesiaTerkini.com)- Menyambut hari susu sedunia dan juga hari pendidikan, Frisian Flag Indonesia (FFI) menggandeng Universitas Brawijaya, Universitas Padjadjaran serta berbagai sekolah dasar untuk menyebarkan manfaat susu melalui sosialisasi atau edukasi. Hari susu sedunia/susu nusantara atau world milk day yang jatuh setiap tanggal 1 Juni akan diperingati negara-negara di dunia. Sementara 2 Mei adalah bulan yang identik dengan pentingnya pendidikan. Susu lekat dengan label sebagai minuman kesehatan, kebugaran dan penuh gizi. Namun, manfaat susu terkadang masih belum tersampaikan dengan baik.

“Tujuan FFI sebagai perusahaan adalah ‘Nourishing by Nature’ yang salah satu pilarnya adalah komitmen untuk memberikan gizi yang baik bagi anak-anak dan keluarga Indonesia. Kami berkomitmen untuk berperan aktif membantu pemerintah membangun keluarga kuat Indonesia. Saat ini, salah satu fokus FFI adalah membantu pemerintah memerangi stunting," ujar Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro.

Menurut Andrew, stunting yang masih diderita oleh sebagian anak-anak Indonesia dengan penyebaran informasi berbasis ilmiah kepada mahasiwa, pemberian susu dan pembangunan fasilitas olahraga kepada anak-anak sekolah dasar. "Kerja sama ini bukan dilandasi oleh 'Apa yang bisa kami lakukan untuk mereka' tetapi pada 'Apa yang bisa kita lakukan bersama untuk satu sama lain'," paparnya.

Andrew menambahkan bahwa masih banyak kendala yang ditemukan dalam mempopulerkan susu sebagai minuman sehat. Pada umumnya, pola makan sehari-hari orang Indonesia belum memenuhi gizi seimbang. Gizi seimbang diartikan sebagai ragam bahan makanan yang berkualitas, jumlah dan proporsi yang sesuai sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi seseorang guna pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Hasil studi South East Asian Nutrition Survey (SEANUTS) yang diinisiasi oleh FrieslandCampina tahun 2012 terhadap lebih dari 16.000 anak usia 6 bulan-12 tahun, menunjukkan bahwa anak-anak Indonesia mengalami berbagai permasalahan terkait dengan kesehatan dan gizi, seperti gaya hidup kurang aktif, malnutrisi, kekurangan vitamin D serta gangguan pertumbuhan fisik atau stunting. Rangkaian acara ini sukses menjangkau 14 Sekolah Dasar yang tersebar di Bandung, Sumedang, Lembang, Pengalengan, Malang, dan Pasuruan. Dalam acara ini, pendidikan mengenai pentingnya kebiasaan minum susu setiap hari dan berolahraga secara teratur disampaikan kepada lebih dari 5.000 siswa SD. (pr)
Labels: Kesehatan

Thanks for reading Perangi Stunting dan Gizi Buruk, Frisian Flag Sebarkan Manfaat Susu. Please share...!

Back To Top