Toshiba Kembangkan Perangkat Daya Terbaru

Meningkatnya permintaan perangkat daya di sektor otomotif dan mesin industri mendorong Toshiba mengembangkan produk terbarunya


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Semikonduktor ada di mana-mana, tersembunyi di dalam perangkat elektronik yang mendukung kehidupan sehari-hari. Namun ada hal yang menarik yakni perangkat daya, jenis komponen diskrit. Permintaan komponen ini diperkirakan akan meningkat di tahun-tahun mendatang, antara lain di sektor otomotif dan mesin industri. Permintaan ini merupakan buah dari meningkatnya kesadaran dunia akan pelestarian lingkungan. Mengurangi konsumsi daya dan emisi karbon dioksida (CO2) merupakan bagian integral dari realisasi masyarakat terhadap pengurangan karbon di seluruh dunia.

“Perangkat daya digunakan untuk mengendalikan energi listrik dan berbagai macam hal, seperti elektronik, peralatan rumah tangga, kendaraan dan mesin industri yang digunakan di pabrik. Ranah ini memiliki banyak potensi untuk berkembang, apalagi dengan kecenderungan akhir-akhir ini yang mengedepankan konservasi energi,” kata Shoichiro Kurushima, Group ManagerToshiba Electronic Devices and Storage Corporation.

Pasar mobil listrik pun merupakan salah satu pasar terbesar dari perangkat daya. Hal ini dikarenakan perangkat daya benar-benar integral dengan fungsi mobil listrik. “Mobil listrik dan jenis kendaraan ramah lingkungan lainnya akan meningkat di masa depan. Itulah mengapa kami ingin bekerja lebih keras dalam mengembangkan perangkat daya untuk mobil," imbuh Shoichiro.

Perangkat daya Toshiba juga digunakan di pembangkit listrik tenaga surya yang menghasilkan energi bersih yang lebih efisien. Pembangkit listrik tenaga surya mengubah arus searah yang dihasilkan melalui sinar matahari menjadi arus bolak-balik untuk digunakan di rumah tangga dan pabrik yang berada di ujung akhir jaringan listrik. Bahkan, perangkat daya sedang mengalami evolusi besar saat ini. Sebelumnya, sebagian besar semikonduktor terbuat dari silikon. Namun, beberapa semikonduktor yang lebih baru seperti silikon karbida dan galium nitrida, memiliki kinerja yang lebih tinggi. "Bahan-bahan baru ini diharapkan memperkuat elemen konservasi energi dari perangkat daya, mengurangi kehilangan daya semikonduktor secara umum dan menurunkan konsumsi daya. Semikonduktor baru ini pun sudah digunakan di beberapa alat transportasi berbasis rel, seperti kereta api dan kereta super-cepat,” papar Shoichiro. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Toshiba Kembangkan Perangkat Daya Terbaru. Please share...!

Back To Top