Animo Pebisnis Logistik Gunakan Mmamori Isuzu

Pekerja PT Nissho Solution Indonesia (NSI) melakukan pengecekan saat bongkar muat barang ke kendaraan operasional mereka truk Isuzu Giga di Sunter, Jakarta. Dengan memakai teknologi digital Mimamori yang punya banyak fitur juga mengusung teknologi 4.0 di kendaraan Isuzu Giga, PT NSI mampu menghemat 10-20% bbm dan memperpanjang usia pakai kendaraan


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pertumbuhan bisnis angkutan logistik, seiring meningkatnya ketersediaan infrastruktur jalan dan permintaan jasa pengiriman, ternyata ikut mendongkrak penggunaan Mimamori Isuzu. Fitur digital, Mimamori - Fleet Management System, yang khusus disematkan pada truk Isuzu bermesin commonrail itu ternyata sangat membantu mereduksi penggunaan bahan bakar, menekan kerusakan suku cadang, dan juga meningkatkan keamanan.

“Animonya sangat tinggi, sebab fitur ini terbukti sangat bermanfaat bagi pelaku usaha. Ini semacam black box buat truk yang bisa dibaca secara cepat oleh pelaku usaha terkait segala hal di kendaraannya,” tutur Sales Support Department Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Istadi, Senin (1/7/2019).

Ia menjelaskan, sejak pertama kali masuk Indonesia pada 2015, fitur Mimamori ternyata mendapat sambutan hangat bagi pelaku usaha di Tanah Air. Tahun pertama, sebanyak 200 perusahaan langsung menyematkan fitur ini di kendaraan mereka. Kini, belum genap lima tahun, pengguna Mimamori sudah mencapai sekitar 500 perusahaan dengan jumlah kendaraan sekitar 2.000 unit. Sebagian besar adalah perusahaan angkutan logistik. "Fitur ini membuktikan bahwa Isuzu menjadi yang terdepan dalam penerapan teknologi 4.0. Maraknya perkembangan teknologi 4.0, ternyata sudah diaplikasikan di industri transportasi,” tutur Istadi.

Hal ini didasari bahwa truk adalah aset berharga yang membawa muatan bernilai, bahkan menyangkut keselamatan sopir dan penumpang. “Apalagi sekarang ini banyak perusahaan sangat sensitif terhadap unsur safety, baik terhadap driver dan kendaraannya. Dalam industri transportasi, teknologi 4.0 diperlukan untuk memonitor cara pengoperasian kendaraan yang aman dan efisien, sehingga terhindar dari kecelakaan, breakdown, dan hal tidak diinginkan lainnya," lanjutnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa Mimamori dirancang membantu memudahkan konsumen memastikan pengoperasian truknya secara aman dan efisien. Sistem ini dapat diaplikasikan di truk Isuzu Giga yang mengusung mesin commonrail serta sudah dilengkapi Electronic Control Unit (ECU) dan Data Record Module (DRM). Mimamori merekam data pengoperasian kendaraan, kemudian mengirim secara berkala ke server di Jepang. Seluruh data itu dapat diakses pengguna melalui website lewat PC, laptop, atau telepon pintar. Isuzu juga melengkapi Mimamori dengan fitur GPS sehingga pelanggan dapat memantau lokasi kendaraan secara real time. Konsumen pemilik armada truk Isuzu dapat melihat histori perjalanan armada truknya melalui fitur GPS tersebut.

Selain itu, Mimamori juga terkoneksi dengan Google Map, sehingga dapat bermanfaat untuk melihat kepadatan lalu lintas dan pemilihan rute perjalanan yang efisien. Isuzu juga melengkapi Mimamori dengan Geofence, untuk memagari lokasi sebagai tujuan atau sebagai lokasi yang tidak boleh dimasuki. "Fitur ini opsional, makanya kami terus berupaya agar tiap perusahaan bisa memanfaatkan fitur ini yang berguna bagi operasional mereka,” kata Istadi. (ym)
Labels: Otomotif

Thanks for reading Animo Pebisnis Logistik Gunakan Mmamori Isuzu. Please share...!

Back To Top