Dorong Ekspor, APTPI Tingkatkan Peran Terminal Petikemas

(Ki-Ka) Senior Director, Area Managing Director A.P. Moller – Maersk Erry Hardianto, Maritime Specialist World Bank Group Daniel van Tuijll, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Terminal Petikemas Indonesia (APTPI) Supomo Hidjazie, Ekonom Sri Adiningsih, dan presenter Widya Saputra berbincang usai Focus Group Discussion (FGD) di Jakarta, Senin (29/7/19). Asosiasi Pengelola Terminal Petikemas Indonesia (APTPI) mendukung penguatan peran petikemas untukmendorong peningkatan ekspor dan optimalisasi potensi ekonomi di berbagai wilayah nasional


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Asosiasi Pengelola Terminal Petikemas Indonesia (APTPI) siap menguatkan peran terminal petikemas dalam mendorong ekspor dan optimalisasi potensi ekonomi nasional. Namun, asosiasi itu berharap pemerintah harus menjadikan sektor pelabuhan sebagai prioritas pembangunan infrastruktur. Hal tersebut merupakan kesimpulan dalam focus group discussion (FGD) APTPI dengan tema 'Peran Terminal Petikemas dalam Mata Rantai Logistik untuk Mendorong Peningkatan Ekspor dan Ekonomi Nasional' yang diselenggarakan di Jakarta, Senin (29/7/2019).

Ketua APTPI, Supomo Hidjazie menjelaskan, APTPI siap menguatkan peran terminal petikemas demi mendorong ekspor, mengingat terminal petikemas maupun pelabuhan merupakan bagian penting dari mata rantai sistem logistik nasional. "Kami memiliki konsen yang sama bahwa terminal petikemas dan pelabuhan adalah mata rantai penting dalam sistem logistik nasional. Karenanya, kami berharap lahir solusi strategis untuk memperkuat logistik dan mendukung pertumbuhan ekspor nasional," kata Supomo.

Penguatan peran terminal petikemas dalam mendorong ekspor, menurut Supomo, salah satunya bisa dilakukan dengan meningkatkan infrastruktur, terutama di pelabuhan-pelabuhan di luar Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Supomo menambahkan, saat ini hanya Pelabuhan Tanjung Priok yang mampu melayani kapal-kapal besar. Sedangkan, Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya), Tanjung Emas (Semarang), dan beberapa pelabuhan lainnya belum mampu melayani kapal besar karena keterbatasan alat maupun terkendala tingkat kedalaman kolam. "Infrastruktur sekali lagi menjadi kunci dan harus menjadi prioritas agar daya saing ekonomi kita semakin tinggi. Infrastruktur pelabuhan juga akan menjadi kunci optimalisasi potensi ekonomi daerah, khususnya meningkatkan ekspor," terang Supomo. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Dorong Ekspor, APTPI Tingkatkan Peran Terminal Petikemas. Please share...!

Back To Top