Jakarta Aquarium Tanam 673 Bibit Manrove di Pulau Tidung

Sebanyak 673 bibit hasil donasi ditanam di Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, dalam memperingati Internatioanl Mangrove Day


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- International Mangrove Day dijadikan momentum bagi banyak pihak dalam satu dekade terakhir untuk melakukan aksi dan menyuarakan kampanye terkait pentingnya pelestarian dan perbaikan pengelolaan ekosistem mangrove di dunia.

Public Relations Manager Jakarta Aquarium, Danang Ambar Kresno mengatakan, sebagai salah satu lembaga konservasi ex-situ yang peduli terhadap lingkungan, Jakarta Aquarium turut memperingati International Mangrove Day, dengan mengajak karyawan dan pengunjung untuk memberikan kontribusi bagi lingkungan dengan cara berdonasi penanaman bibit mangrove. "Program donasi untuk bibit mangrove didapatkan dari setiap pembelian tiket pengunjung mulai dari tanggal 25 Juni hingga 19 Juli 2019 ditambah donasi dari seluruh karyawan Jakarta Aquarium,” ungkap Danang, Selasa (30/7/2019).

Danang menambahkan, kegiatan penanaman tersebut dilakukan di Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu. Proses penanaman dilakukan oleh perwakilan karyawan bersama jajaran pimpinan dari Jakarta Akuarium Indonesia dengan dibantu Kelompok Masyarakat Pengawas Pulau Tidung. "Adapun jumlah bibit yang ditanam berjumlah 673 bibit sesuai yang didapatkan dari hasil donasi," jelas Danang.

Setelah penanaman bibit, lanjut Danang, dilakukan pemasangan plakat untuk menandakan area penanaman mangrove Jakarta Aquarium yang selanjutnya akan dijaga bersama-sama oleh Kelompok Masyarakat Pengawas pulau Tidung. Kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses atas dukungan dari pengunjung Jakarta Aquarium, Kelompok Masyarakat Pengawas Pulau Tidung, Pertanian Provinsi DKI Jakarta, Pusat Budidaya dan Konservasi Laut-Dinas Ketahanan Pangan Kelautan.

Dengan kegiatan yang rencananya akan dilakukan secara berkala, kata Danang, pihaknya berharap dapat mendukung dan turut menjaga lingkungan di perairan dan darat dimana mangrove sebagai daerah pemijahan bagi biota laut, penghasil oksigen (O2), penyerap karbon dioksida (CO2) dan yang paling penting penyerap logam berat yang ada di perairan secara alami. Termasuk juga menahan laju abrasi dan mengurangi dampak tsunami bagi daratan. "Harapannya, kegiatan ini salah satu bukti sumbangsih kami terhadap lingkungan alam yang lestari," tutup Danang. (ym)
Labels: CSR

Thanks for reading Jakarta Aquarium Tanam 673 Bibit Manrove di Pulau Tidung. Please share...!

Back To Top