Kadin Dorong Pengembangan Teknologi Blockchain

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Logistik dan Pengelolaan Rantai Pasok, Rico Rustombi, saat memberikan sambutan pada acara Blockchain Applications and Economics Forum 2018 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (9/10/2018)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Teknologi blockchain dapat diterapkan dalam banyak aspek kehidupan baik untuk berbagai sektor ekonomi, kepentingan layanan publik maupun pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kadin menilai teknologi Blockchain harus didorong pengembangannya di Indonesia.

Kadin bersama Blockchain Center of Excellence and Education (BCEE) menggelar Global Blockchain Summit (GBS) di Jakarta pada 29-30 Juli 2019. Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Logistik dan Pengelolaan Rantai Pasok Rico Rustombi mengatakan kegiatan ini akan dihadiri oleh pemangku kepentingan di bidang teknologi blockchain dan perwakilan dari berbagai negara dan kawasan baik Asia, Eropa dan Amerika Serikat. Penyelenggaraan Global Blockchain Summit di Indonesia tidak sebatas memperkenalkan teknologi blockchain di Indonesia tetapi juga menunjukkan kesiapan Indonesia untuk mengimplementasikan teknologi terbaru dalam berbagai sektor ekonomi. "Event ini merupakan lanjutan dari kegiatan serupa tahun sebelumnya dan dirancang menjadi agenda tahunan," ujarnya, Senin (8/7/2019).

Event ini akan mengulas berbagai tema mulai dari kepentingan pembangunan berkelanjutan, bisnis, industri dan teknologi hingga proyeksi arah pembangunan dunia di era digital. Tema tersebut sesuai dengan karakter teknologi blockchain yang dapat diterapkan dalam banyak aspek seperti bisnis, layanan publik hingga riset dan teknologi. Saat ini, blockchain di Indonesia masih digunakan terbatas pada beberapa sektor jasa logistik dan perbankan. Dengan keunggulan pada aspek keamanan, transparansi dan efisiensi maka sangat terbuka kemungkinan teknologi ini akan diterapkan di sektor lainnya.

Rico menambahkan ajang GBS akan menghadirkan sejumlah pakar dan praktisi blockchain yang berkualitas. Selain itu, pembicara para pelaku teknologi blokchain di sektor transportasi publik,e-commerce juga akan berbagi pengalamannya. Ajang global ini bisa menjadi medium transfer ilmu dan teknologi bagi perwakilan pemerintah dan swasta. Penyelenggaran GBS di Indonesia juga aklan memberikan manfaat bagi negara di industri 4.0.

Teknologi blockchain dan penerapannya sangat berpotensi mengubah pola kerja perusahaan maupun pemerintah. Teknologi ini juga akan menghadirkan paradigma baru bagi dunia bisnis. Secara khusus bagi Indonesia, pengembangan industri 4.0 blockchain dapat membuat bisnis berkembang dan berkelanjutan.

Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna internet tercepat di dunia tingkat pertumbuhannya bahkan tiga kali lebih cepat. Event ini diharapkan bisa menjadi katalisator pemanfaatan teknologi di tanah air. Salah seorang pakar yang hadir adalah Co-Founder and Wakil Ketua Blockchain Commision for Sustainable Development yang juga mantan Direktur Eksekutif Kantor Kemitraan PBB Amir Dossal. Gelaran GBS akan disertai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Kadin Indonesia Bidang Logistik dengan Blockchain Center of Excellence and Education (BCEE) di Ritz Carlton, SCBD, Jakarta dan dihadiri 1.800 partisipan. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Kadin Dorong Pengembangan Teknologi Blockchain. Please share...!

Back To Top