Menkominfo: Banjir Produk Asing Bukan Karena eCommerce

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengomentari tudingan banjirnya produk asing di Indonesia lantaran meningkatnya tren belanja online melalui eCommerce dan marketplace online.

Menurut menteri yang akrab disapa Chief RA tersebut, masalah banyaknya produk-produk asing tersebut bukan disebabkan oleh eCommerce. "Saat ini katanya salah satu penyumbang defisit negara kita gara-gara eCommerce. Ini bisa iya dan bisa juga tidak. Bisa iya kalau eCommerce tersebut sifatnya B-to-C dan memang membawa barang dari luar negeri. Saya katakan, jangan disalahkan eCommerce atau marketplace-nya, tetapi kenapa mereka diberi izin impor barang,” kata Rudiantara saat menghadiri perayaan 8 tahun Blibli, di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Sedangkan untuk eCommerce yang sifatnya C-to-C, Rudiantara mengatakan kebanyakan para merchant atau pedagang di platform eCommerce adalah pelaku UMKM yang mendapatkan barang dagangannya dari distributor di dalam negeri. "Para merchant ini bukan seorang importir. Mereka itu kelasnya hanya UMKM yang membeli barangnya dari para distributor. Kalau ingin mengurangi produk-produk dari luar negeri, para distributor inilah yang seharusnya 'diajak' untuk tidak mengimpor banyak-banyak produk dari luar negeri,” kata Rudiantara.

Menurut Rudiantara, hal yang lebih penting lainnya adalah dukungan dari masyarakat untuk membeli produk-produk lokal. Untuk para eCommerce, mereka juga harus memberi ruang yang lebih besar kepada produk-produk lokal. "Kalau produk lokal ingin berjaya, masyarakat kita juga jangan terlalu banyak membeli barang-barang buatan luar negeri," tegas Rudiantara. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Menkominfo: Banjir Produk Asing Bukan Karena eCommerce. Please share...!

Back To Top