Pegadaian Berencana IPO Tahun 2020

Direktur PT Pegadaian (Persero), Kuswiyoto


YOGYAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Pegadaian (Persero) menargetkan akan melantai di bursa pada 2020. Guna melihat keuntungan dan kerugian dari Initial Public Offering (IPO) ini, perusahaan meng-hire beberapa konsultan.

Direktur Utama PT Pegadaian, Kuswiyoto, mengaku, saat ini pihaknya belum mengantongi izin dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun, dengan kondisi ekonomi dan politik yang relatif lebih baik pasca pemilu 2019, perseroan yakin dapat merealisasikannya. "Pegadaian punya rencana IPO sudah lama kira-kira 5 tahun yang lalu, tapi tertunda-tunda terus," katanya dalam National Media Gathering dan Workshop di Yogyakarta, Jumat (26/7/2019).

Menurut Kuswiyoto, keinginan Pegadaian untuk IPO bukan sekadar untuk mencari tambahan uang. Sebab, katanya, banyak manfaat baik yang akan diterima seperti pengelolaan perusahaan yang lebih transparan. Selain itu, perusahaan juga bisa lebih bergerak untuk pasar global. Hingga Juni 2019, Pegadaian mencatat pertumbuhan laba bersih sebesar Rp 1,5 triliun atau meningkat 12,1%. Sedangkan total aset sebesar Rp 56,1 triliun lebih besar dibandingkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Adapun untuk OSL (Outstanding Loan) Pegadaian di pertengahan tahun ini, sudah mencapai Rp 43,6 triliun.

Kuswiyoto menambahkan, Pegadaian menargetkan kinerja di akhir tahun 2019 akan tumbuh semakin positif. Jumlah OSL di akhir tahun 2019 di targetkan mencapai Rp 46,5 juta, total aset di targetkan mencapai Rp63 triliun, dan laba bersih di targetkan mencapai Rp 3 triliun. (pr)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Pegadaian Berencana IPO Tahun 2020. Please share...!

Back To Top