Pentingnya Pengawasan Tumbuh Kembang Anak Sedini Mungkin

Seminar Tumbuh Kembang Anak "Maximising Your Child’s Growth and Development in the 21st Century" di RS Royal Surabaya, Sabtu (20/7/2019)


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Rumah Sakit Royal Surabaya menggelar Seminar Tumbuh Kembang Anak "Maximising Your Child’s Growth and Development in the 21st Century" yang mana pada masa perkembangan, perhatian mengenai tumbuh kembang tulang anak juga patut diperhatikan.

dr Lisa Pangemanan SpA(K), spesialis Tumbuh Kembang Anak mengungkapkan pengawasan terhadap tumbuh kembang anak perlu dilakukan sedini mungkin. HaI ini untuk memastikan agar sang buah hati dapat bertumbuh dan berkembang sesuai dengan standar seharusnya. "Orang tua masih mengalami kesulitan untuk mengetahui bagaimana ukuran perkembangan yang seharusnya. Terutama di masa kini, dimana banyak informasi yang salah dan tidak tepat dapat tersebar dengan mudahnya melalui media sosial maupun internet," ujarnya, Sabtu (20/7/2019).

Menurut Lisa, orang tua harus mampu memilah dan mencari informasi yang tepat untuk mengawasi pertumbuhan dan perkembangan buah hati mereka. Karena kesalahan pengawasan tumbuh kembang anak yang tidak disadari dapat berdampak untuk masa depan mereka.

Sementara itu, Spesialis ortopedi, dr Sulis Bayusentono SpOT(K) menambahkan, salah satu kelainan yang kadang tidak disadari orang tua yaitu kelainan pada tulang. Kerapkali orangtua sedikit menyepelekan postur tulang anak ataupun posisi duduk anak yang berdampak pada kesehatan tulang kedepannya. Kelainan tulang bawaan ada yang tampak jelas dari luar, lebih banyak yang tidak kelihatan. Seperti Kasus Osteomalacia, kelainan tulangnya bisa merubah struktur tulangnya, atau tulang saling melengket.

Jenis kelainan tulang lainnya mungkin mengenai pembentukan tulang iga, atau tulang belakang yang tidak sempurna sehingga struktur tulang belakang tidak lurus atau yang biasa disebut scoliosis. "Kasus scoliosis bisa dideteksi memandikan bayi, atau anak, ibu meraba ada bagian tulang yang menonojol di bagian punggung. Kepastian bahwa itu suatu kelainan tulang punggung dipastikan dengan pembuatan foto rontgen," lanjutnya.

Apabila scoliosis belum juga terdeteksi, kelainan struktur tulang belakang mungkin baru nampak setelah anak mulai bisa berjalan. Hal ini terlihat dari posisi berdiri anak tampak tidak sempurna. Atau langkahnya kelihatan timpang bila struktur tulang pinggulnya miring sebelah. Cepat atau lambat, scoliosis perlu dikoreksi bila sampai mengganggu organ penting di sekitarnya, khususnya saraf tulang belakang. Penekanan, atau penjepitan saraf tulang belakang bisa terjadi apabila ada bagian tulang belakang yang abnormal bentuknya, maupun akibat adanya gangguan struktur tulang. (dri)
Labels: berita rs royal surabaya, indonesiaterkini.com, pentingnya pengawasan tumbuh kembang anak sedini mungkin

Thanks for reading Pentingnya Pengawasan Tumbuh Kembang Anak Sedini Mungkin. Please share...!

Back To Top