Upaya Unilever Terapkan Bisnis yang Bertanggung Jawab

Terdapat 12 brand yang tergabung dalam kampanye ' Setiap U Beri Kebaikan'


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Laporan Nielsen pada 2014 mengenai perilaku konsumen menunjukkan, bahwa 64% konsumen di dunia menyatakan akan memilih produk dan layanan yang memiliki nilai lebih, dan berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi sosial maupun lingkungan. Hal ini mendorong Unilever untuk memberikan manfaat sosial dan meminimalkan dampak lingkungan pada setiap produknya.

Upaya tersebut dituangkan Unilever dalam strategi bisnisnya, Unilever Sustainable Living Plan (USLP) yang memfokuskan pada tiga pilar utama, yaitu kebersihan dan kesejahteraan, lingkungan, dan penghidupan masyarakat. Hernie Raharja, Director of Foods and Beverages PT Unilever Indonesia Tbk, menyampaikan, melalui strategi ini pihaknya percaya bahwa bisnis/perusahaan harus memiliki tujuan mulia untuk dapat terus memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan, serta bisa menjadi bagian dalam mengatasi permasalahan dunia. "Jika kita lihat tantangan yang dihadapi dunia saat ini semakin besar, seperti kesehatan, perubahan iklim, dan permasalahan sampah. Untuk itu, Unilever meluncurkan kampanye ‘Setiap U Beri Kebaikan’ yang mengajak masyarakat untuk lebih cermat dalam memilih produk. U disini bisa berarti Unilever, U (You), dan Us," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (22/7/2019).

Melalui kampanye ini, Unilever mengajak konsumen untuk melihat empat hal dalam memilih produk, seperti sumber bahan baku, apakah bahan baku yang digunakan dalam produk tersebut berasal dari sumber yang bertanggung jawab; apakah produknya memberikan manfaat sosial atau manfaat kepada masyarakat; apakah produknya memiliki upaya pelestarian lingkungan; dan apakah produknya memiliki purpose atau tujuan mulia. Terdapat 12 brand yang tergabung dalam kampanye ini, yaitu Dove, Sunsilk, Sariwangi, Sunlight, Pepsodent, Lifebuoy, Rexona, Bango, Clear, Vaseline, Vixal, dan Wall’s. Menurut Hernie, brand-brand tersebut memiliki purpose yang kuat seperti Lifebuoy yang mengajarkan kebiasaan hidup bersih kepada anak-anak untuk membiasakan hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan pakai sabun. Lalu, Sunlight yang mendukung 5 juta perempuan Indonesia hingga 2022 untuk mencapai impiannya dalam berwirausaha.

"Walaupun skala kami besar tapi kami ingin menjadi bagian dari solusi bukan menjadi masalah. Oleh karena itu, melalui kampanye ini Unilever ingin menunjukkan bahwa brand yang memiliki purpose memiliki peran yang besar untuk menciptakan manfaat sosial dan juga meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan," tambah Maria Dewantini Dwianto, Head of Corporate Communications PT Unilever Indonesia Tbk pada kesempatan yang sama.

Guna menularkan semangat ini secara lebih luas, Unilever berkolaborasi dengan berbagai mitra yang memiliki kesamaan visi seperti CottonInk dan Project Semesta. Kolaborasi ini akan menghadirkan koleksi pakaian dan merchandise “Every U Does Good x CottonInk”, di mana hasil dari penjualan koleksi tersebut akan digunakan untuk mengedukasi lebih banyak lagi masyarakat mengenai sustainable production and consumption, bersama dengan komunitas Project Semesta. Selain itu, Unilever bekerjasama dengan ilustrator Dinda Puspitasari untuk membuat GIF, sehingga masyarakat bisa menyebarkan pesan kebaikan ini dengan menyebarkan GIF pada media sosial pribadinya. Ke depan, Unilever berharap dari 42 brand yang dimilikinya saat ini, semuanya akan memiliki purpose yang kuat sehingga dapat bergabung dalam kampanye. "Saat ini semua brand telah memiliki purposenya masing-masing, namun yang purposenya sudah kuat ada 12 brand," kata Maria.

Asal tahu, upaya-upaya yang telah dijalankan oleh Unilever beserta brand-brand nya sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan oleh United Nations Development Programme (UNDP). “Kami percaya bahwa langkah kecil jika dilakukan bersama-sama akan mampu memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi masyarakat dan lingkungan. Kami yakin, setiap kita, bisa membawa kebaikan dan menyebarkan kebaikan kepada sekeliling kita maka kita akan menciptakan dunia yang lebih baik,” tutur Hernie. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Upaya Unilever Terapkan Bisnis yang Bertanggung Jawab. Please share...!

Back To Top