Cegah Kejahatan Siber, SNI Gandeng Dukcapil Kemdagri

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) Zudan Arif Fakrulloh menandatangani perjanjian kerja sama dengan Presiden Direktur PT Solusi Net Internusa (SNI) Willy Walanio di Hotel Redtop, Jakarta, Selasa (27/8/2019)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Memasuki era industri 4.0, penggunaan internet semakin mempermudah aktivitas mulai dari pengurusan administrasi kependudukan, pemesanan makanan, tiket, hotel hingga keuangan dan perbankan.

Pertumbuhan dunia digital atau internet memang memberikan banyak manfaat. Namun, ada juga pihak pihak yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kemajuan teknologi dengan penipuan mulai dari pencurian data pribadi dan pemalsuan identitas. Untuk mencegah terjadinya tindakan kejahatan siber ini, PT Solusi Net Internusa (SNI) yang merupakan perusahaan pengembang tanda tangan elektronik dengan brand Digisign.id, menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri).

Presiden Direktur SNI, Willy Walanio, mengatakan, lingkup kerja sama pihaknya dengan Dukcapil Kemdagri mencakup pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), data kependudukan, dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). "Era digital saat ini menuntut efisiensi, fleksibilitas dan dinamis. Tanda tangan elektronik bisa menjadi solusi untuk melakukan efisiensi biaya kepada pelaku bisnis di Indonesia," ujar Willy Walanio, Selasa (27/8/2019).

Willy mengatakan, tanda tangan elektronik menjamin legalitas dokumen dan keamanannya, serta di proses secara lebih efisien dan hemat biaya. Selain itu, tanda tangan elektronik bisa menjadi salah satu instrumen untuk verifikasi data secara cepat dan akurat. "Tanda tangan elektronik juag didukung OJK melalui peraturan OJK Nomor 77 tahun 2016 yang mengharuskan penyelenggara layanan pinjam meminjam uang yang berbasis teknologi informasi menggunakan tanda tangan elektronik yang terverifikasi," tandas Willy.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemdagri, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan, pemerintah menyambut baik perkembangan teknologi tanda tangan elektronik karena memudahkan pelayanan publik. "Ini sejalan dengan visi presiden Joko Widodo untuk memberikan pelayanan digital yang terjamin keamanannya kepada masyarakat," tandas Zudan. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Cegah Kejahatan Siber, SNI Gandeng Dukcapil Kemdagri. Please share...!

Back To Top