Kawan Lama Tingkatkan Digital dan Otomasi Manufaktur

Tony Sartono, Komisaris PT Kawan Lama Sejahtera


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Kawan Lama Sejahtera, distributor penyedia peralatan industri teknik dan komersial, mengimplementasikan dan mengembangkan teknologi untuk mendorong industri 4.0 di Indonesia.

Tony Sartono, Komisaris PT Kawan Lama Sejahtera, mengatakan, dunia industri telah berubah dan mulai mengalami banyak pergeseran-pergeseran, seperti dari analog ke digital, dan dari offline ke online. “Untuk menjawab perubahan tersebut, kami harus bisa beradaptasi agar bisa survive dengan memberikan support lewat teknologi seperti robotic, automation, sehingga ke depannya bisa menjadi partner bagi para perusahaan industri,” ungkapnya.

Saat ini, perusahaan telah menyiapkan teknologi pendukung di sektor industri manufaktur yakni pertama, tim R and D Engineering yang mengedepankan sistem Internet of Things (IoT) untuk multi industri di berbagai lini bisnis. Di antaranya dengan merancang konsep teknis dalam 2D and 3D, untuk mendukung customer dalam implementasi Internet of Things (IoT) dan Automation agar sejalan dengan Industri 4.0.

Kedua, mengaplikasikan sistem Predictive Maintenance dan Preventive Maintenance lewat Internet of Things (IoT). Lewat sistem Predictive Maintenance, dapat menganalisa hasil kerja dari semua sistem yang ada pada mesin serta peralatan industri yang beroperasi. Sementara, lewat sistem Preventive Maintenance, Kawan Lama menawarkan sistem pemeliharaan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada mesin. Ketiga, mengembangkan sistem Automation, yakni dengan mengotomatisasi ASRS (Automatic Storage and Retrieval System). Sistem ini digunakan untuk menyimpan atau mengambil barang pada rak bersusun, dengan tujuan mempersingkat waktu dalam proses penyimpanan dan pengambilan barang. AGV (Automatic Guided Vehicle) merupakan mobil robot yang dapat berjalan sesuai jalur yang ditentukan dan sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat juga Shuttle System, Palletizing, Arc Welding, Painting System, Material Handling, dan beberapa kolaborasi lainnya. Dengan sistem otomatisasi, mesin dapat beroperasi mandiri dan saling terintegrasi. Adanya otomatisasi industri tersebut, proses produksi juga sepenuhnya dapat berlangsung secara digital, sehingga dapat terhubung satu sama lain lewat sensor serta software yang mendukung mesin-mesin yang didistribusikan. "Di era Industri 4.0, yang dibutuhkan oleh customer adalah more speed, cheaper dan simpler. Dengan teknologi automation, maka perusahaan dapat memenuhi tiga kebutuhan customer tersebut, sehingga proses produksi di industri manufaktur khususnya, dapat lebih efektif dan efisien,” kata Tony menambahkan.

Mesin-mesin otomasi pendukung industri manufaktur juga dibenamkan oleh sistem yang sudah terintegrasi. Produk-produknya terdiri dari berbagai kategori, seperti Sheet Metal Machine, Cutting Tool, Production Tool, Metal Cutting, Welding Equipment, hingga Marking Machine dari brand ternama. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Kawan Lama Tingkatkan Digital dan Otomasi Manufaktur. Please share...!

Back To Top