Permudah Masyarakat Berdonasi, Dompet Dhuafa Perkuat Platform Digital

Direktut Utama DD Tekno Prima Hadi Putra (kiri) bersama Direktur Utama Finnet Paulus Djatmiko (kanan) usai penantanganan kerja sama antara Dompet Dhuafa dengan Finnet, di Jakarta, 9 Agustus 2019


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Dompet Dhuafa semakin fokus dalam mengembangkan teknologi yang bisa memberi kemudahan bagi masyarakat dalam berdonasi. Bahkan, Dompet Dhuafa telah membentuk perusahaan DD Tekno yang dikhususkan pada pengembangan platform digital.

Direktur utama DD Tekno, Prima Hadi Putra menyampaikan, keseriusan Dompet Dhuafa memanfaatkan platform digital sebetulnya sudah dimulai sejak tahun 2015 melalui pengembangan aplikasi Bawa Berkah. Selanjutnya di awal 2019, Dompet Dhuafa merilis aplikasi Mumu, yaitu sebuah platform e-business yang memungkinkan penggunanya untuk membayar zakat, wakaf, atau donasi lainnya melalui aplikasi dan pembayaran elektronik. "Di aplikasi Mumu, penggunanya juga bisa memenuhi kebutuhan harian seperti pembelian pulsa, pembayaran tagihan listrik, tagihan air, sampai dengan berqurban. Dalam waktu dekat, kami juga akan menghadirkan fitur Laporkan Dhuafa. Jadi apabila relawan kami menemukan ada masyarakat yang perlu dibantu, nantinya bantuan ke orang tersebut bisa dicairkan lewat aplikasi,” kata Prima Hadi usai acara penandatanganan kerja sama antara Dompet Dhuafa dengan Finnet, di Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Selain mengembangkan aplikasi sendiri, Dompet Dhuafa juga semakin memperluas kerja samanya dengan perbankan serta penyedia layanan pembayaran digital untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat yang ingin berdonasi lewat platform digital. "Setiap tahunnya, pertumbuhan donasi melalui platform digital mencapai 40 persensampai 50 persen. Jadi memang pertumbuhannya besar sekali dan ini harus diantisipasi dengan mempersiapkan platform sendiri,” ujar Prima.

Kerja sama terbaru dijalin Dompet Dhuafa dengan PT Finnet Indonesia (Finnet). Melalui kerja sama ini, masyarakat bisa lebih dimudahkan untuk beramal atau berkurban melalui platform Finpay Payment Gateway milik Finnet. Finpay Payment Gateway merupakan layanan keuangan digital dengan berbagal source of fund (SOF), seperti kartu kredit, debit online, e-Money, virtual account, finpay code, dan lainnya. Finpay Payment Gateway hingga saat ini telah terhubung dengan lebih dari 800 merchant online di Indonesia.

"Kami sebagai perusahaan yang memberikan dukungan penuh terhadap perkembangan gaya hidup digital, akan selalu menghadirkan kemudahan bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Kerja sama dengan Dompet Dhuafa ini kami harapkan dapat membantu masyarakat untuk bersedekah atau berkurban, dan memberikan berkah bagi kita semua,” ujar Direktur Utama Finnet, Paulus Djatmiko.

Melalui kerja sama yang akan terjalin selama tiga tahun ke depan ini, semua teknologi yang disediakan Finnet akan terintegrasi ke dalam aplikasi Mumu. Begitu pun untuk transaksi pembayaran di aplikasi Mumu yang nantinya bisa menggunakan layanan Finpay maupun LinkAja. (sd)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Permudah Masyarakat Berdonasi, Dompet Dhuafa Perkuat Platform Digital. Please share...!

Back To Top