UOB Indonesia: 4 Faktor Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 10 Tahun Mendatang

(Ki-Ka) Hendra Gunawan (Wakil Presiden Direktur UOB Indonesia), Faye Alund (CEO dan Co-founder Kumpul Co-working), Emil Elestianto Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur), Fenny Wiratama (Regional Head East Java dan Bali), Wahyu Wiwoho (MC)


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Gaya hidup generasi milenial diyakini bakal menjadi faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Tanah Air dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.

Enrico Tanuwidjaja, ekonom UOB Indonesia mengatakan, kaum milenial Indonesia dewasa ini menghabiskan hingga 50 persen pendapatannya pada ‘Gaya Hidup 4S’, yaitu Sugar (makanan dan minuman), Skin (perawatan tubuh dan kecantikan), Sun (liburan dan hiburan), dan Screen (konsumsi layar digital).

"Seiring dengan meningkatnya pembelanjaan kaum milenial yang dibarengi kenaikan pendapatan, kami berharap generasi ini menjadi faktor utama pendorong pertumbuhan ekonomi jangka panjang di Indonesia," ujarnya, Rabu (28/8/2019).

Meningkatnya pendapatan dan jenis pilihan pembelanjaan generasi milenial turut membuka kesempatan bagi para pebisnis dalam memenuhi kebutuhan segmen populasi ini, yang tentunya juga berkontribusi pada pertumbuhan bisnis mereka.

Dalam kesempatan itu Enrico menekankan pula bahwa fundamental Indonesia yang kuat mencakup ekspor bersih, investasi, dan konsumsi pribadi. "Sementara Indonesia diproyeksikan mengalami pertumbuhan positif, kami mengantisipasi tingkat pertumbuhan yang tetap rendah sebesar 0,1 persen dari tahun ini hingga 2020, seiring dengan ketegangan hubungan dagang yang terjadi di tingkat global,” ungkapnya.

Enrico juga mengatakan, reformasi ekonomi yang diterapkan pada akhir siklus komoditas belum menampakkan hasil yang utuh bagi Indonesia. "Pada jangka menengah, faktor-faktor seperti reformasi keberlanjutan di bidang ekspor manufaktur dan kebijakan investasi, serta pembelanjaan fiskal yang hati-hati akan membantu menjaga ekonomi dalam mencapai target pertumbuhan pemerintah sebesar 6 persen di tahun 2024,” tutupnya. (dri)
Labels: berita uob indonesia, indonesiaterkini.com, uob indonesia 4 faktor pendorong pertumbuhan ekonomi indonesia 10 tahun mendatang

Thanks for reading UOB Indonesia: 4 Faktor Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 10 Tahun Mendatang. Please share...!

Back To Top